RSS

MOS 2012

27 Nov

Hari itu, pagi hari nan cerah menyinari kawasan Tumijajar. Dengan semangat 45’ kami para panitia MOS sudah stand by di lapangan untuk menyiapkan upacara pembukaan MOS 2012.


Panitia MOS 2012

Begitu bel berbunyi, anak-anak MOS sudah kami giring ke lapangan, namun, sesuatu yang unpredictable terjadi. Ternyata bukan cuman para mahluk itu yang upacara, tapi spesies dari golongan kami (baca : kelas XII) dan golongan junior (baca : kelas XI) bakal ikutan juga.

Alhasil, para petugas upacara yang sudah kami pilih dari golongan mentah (baca : calon anak kelas X/peserta MOS), melaksanakan tugas dengan tidak maksimal. Alasannya?? Mereka down dan grogi karena ada calon kakak kelas dan calon para guru

Untunglah mereka melontarkan alasan yang… menurut psikologis sih wajar. Coba mereka alasannya : “kak.. mentalku tersakiti”. Udah gue tendang dari lapangan pasti. . .
onion-emoticons-set-3-94onion-emoticons-set-3-95

 ******

Skip ke kelas… para peserta MOS di bagi menjadi 10 divisi dengan nama yang berbeda. Tema untuk divisi tahun ini adalah “Ilmuan”. Jadi disana nama divisinya macam, Einstein, Celcius, Fahrenheit, Einstein, Archimides, Pascal, de el el.


Materi dasar dari kakak kelas. Ini nyatet Mars SMA sama janji pelajar.


Contoh kakak kelas yang gahar… bawa tongkat segala… wkwkwk..

Kegiatan hari Senin-Selasa adalah materi dari para guru. Materi yang meliputi Wawasan Wiyata Mandala, Cara Belajar dan sebagainya. Kadang juga ada razia dadakan dari Seksi Kemanan atau pihak guru. Kalau udah para guru yang dateng, anak-anak cowok (terutama), pasti berubah jadi horror.


Ada cukur gratis soalnya! 😀 Wkwkwk..

Kalau ada kelas yang kosong, beberapa kakak kelas akan masuk dan membawakan muhasabah . Oh iya, yang masih udik, Muhasabah itu semacam kegiatan untuk merenung. Bukan, bukan ngerenungin nasib gara-gara abis ditabok pacar ato ketauan selingkuh, lebih tepatnya merenung untuk mengevaluasi diri. Apakah selama ini kita sudah menjadi pribadi yang baik? Nyenening ortu, berguna bagi nusa bangsa, dan sebagainya? Atau malah kita menjadi sosok yang di anggap sampah masyarakat, sering bikin ortu ngutuk kita, atau melakukan hal-hal yang dilanggar agama.

Ini adalah rangkaian Muhasabah dari salah satu kelas.


Ketika ada selingan jam yang kosong, 2-3 kakak kelas masuk ke dalam kelas. Biasanya sih dari Bidang 1 OSIS (Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa) dan anggota 6 inti OSIS.

Para peserta menggunakan dasi untuk menutup kedua mata mereka. Sumpe, kayak korban sandera semua. Wkwkwk..

Setelah itu, Pak Ustadz (Nopri) mulai membawakan pembukaan macam, “Siapa disini yang pernah nonton BOKEP?” yak, sebagian mahluk langsung mengakui dosa-dosanya dengan mengacung tangan. “Siapa disini yang pernah… ngompol??!” Yang gak angkat tangan gak pernah dilahirin di dunia ini. =_=

Usai sesi tanya jawab yang mengumbar aib tersebut, kini masuk ke titik batin terdalam mereka. Musik Muhasabah di putar, alunan mellow nan lembut, perlahan merasuk ke relung hati mereka. Pak Ustadz mulai berkhotbah, “Kedua sosok itu sudah tua, ringkih, berkeriput, yang dulu kekar dan tegap, kini berjalan terbungkuk-bungkuk….”

Yak, muka orang-orang yang menghargai orang tuanya mulai terlihat.

“Bayangkan ketika kalian pulang, dirumah sudah ramai, banyak orang duduk membacakan Yasin! Dan ketika kalian masuk… terbaring sosok yang kalian kenal selama ini, terbungkus oleh kain putih… “

“IBUU…! IBUKKK!”

Iya.. ada yang jerit gitu.. =_=


Ekspresi terbaik 2012.
Btw, muhasabah masih sempet pose Cherry Belle? OMG…

Sebenernya ada ekspresi yang lebih bagus dari itu. Cuman berhubung pose terlalu memalukan dan terlampau expired.. jadinya tidak saya posting. Kita samarkan namanya dengan ‘Anu’. Si Anu ini senderan ke dinding.. diem.. gak kedengeran isak tangisnya.. tau-tau ingus menjuntai indah dari hidungnya. Silahkan bayangkan sendiri.
onion-emoticons-set-3-92

But, don’t worry. Semua kelas bernasib sama. Kami Muhasabah.

By the way, sementara para peserta MOS menangisi dosa-dosanya, mahluk-mahluk ini malah berpose seakan tak ada dosa sama sekali.. wkwk..


Panitia di depan Sekretariat OSIS…. mwahahaha… 😀

 *******

Untuk hari ke-3 dan ke-4, kami isi dengan materi ekstrakurikuler. Selain itu, mulai dari hari Rabu juga mereka diwajibkan mengenakan baju berwarna divisi masing-masing. Jadi kayak peserta sirkus semua. Hahaha.. *tawa kejam* Mejikuhibiniu.. di lapangan yang hijau..


Apel sebelum masuk kelas.

Ada 17 ekstra di sekolah kami. Diantaranya, KIR, ROHIS, E-Club, Teater, PMR, Paskibraka, Pramuka, Sepak Bola, Basket, Voli, Karate, Tari, Paduan Suara, Musik, Radio, Tapak Suci, dan Taekwondo.


Materi paskibraka.


Kakak-kakak Pendamping dari setiap divisi setia menunggu anak buahnya berlatih Paskibraka…


Hukuman gara-gara bertingkah. Masih mending push up.. jaman gue, disuruh nyari semut berkelamin BETINA! Nah lho.. gimana coba nyarinya…

******

Hari Jum’at materi OSIS. Giliran kami (6 inti) yang eksis memberikan materi.

Karena gue bingung mau ngetik apa di hari Jum’at ini, gue kasih kisi-kisi materi OSIS aja ye..

Jadi gini, OSIS itu wajib ada di setiap sekolah. Struktur OSIS, terdiri dari kepsek selaku penanggung jawab, pembina OSIS selaku pembimbing, dan kami para pengurus OSIS selaku perwakilan dari para murid. OSIS di sekolah gue, terdiri dari 6 Inti dan 10 Bidang. Masing-masing Bidang beranggotakan 3 orang. Total pengurus OSIS ada 36 ekor, eh manusia.

6 Inti :

  1. Nenek guru Tiara Melati (Ketua)
  2. Syaifulloh (Wakil Ketua)
  3. Rin_Lawliet *nama disamarkan*  (Sekretaris)
  4. Abid Arinu Efendi a.k.a. partner saya di bidang ketik mengetik (Wakil Sekretaris)
  5. Vikriyaturohmah  *enggak, gue gak alay, cuman memang namanya nyambung gitu* (Bendahara)
  6. Riestya Abdiana (wakil Bendahara)

10 Bidang :

  1. Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan YME (Nopri, Rani, Betesda)
  2. Budi Pekerti Luhur dan Akhlak Mulia (Erdi, Roni, Dini)
  3. Kepribadian Unggul, Wawasan Kebangsaan, dan Bela Negara (Rizal, Chuzna, Mirza)
  4. Prestasi Akademik, Seni dan Olahraga (Awang, Pujan, Hayum)
  5. Demokrasi, HAM, Pendidikan Politik, Lingkungan Hidup, Kepekaan dan Toleransi Sosial (Ikhsan, Arum, Cipto)
  6. Kreativitas Kerampilan dan Kewirausahaan (Dita, Isti, Dika)
  7. Kualitas Jasmani, Kesehatan dan Gizi (Manto, Ulvia, Elok)
  8. Sastra dan Budaya (Erika, Trinandi, Shinta)
  9. Teknologi, Komunikasi, dan Informasi (Ardiansyah, Nurul, Alan)
  10. Komunikasi Dalam Bahasa Inggris (Agung, Agnes, Fitrah)

Oh iya, ngebahas soal anggota OSIS, gue jadi inget. Para kucrut calon kelas X itu juga wajib nyari tanda tangan para panitia dan pengurus MOS. Disitu gue dapet nominasi “kakak paling pelit tanda tangan”. Julukan yang…. gue sukai. Itu lebih jujur, ketimbang gue dapet julukan kakak paling baik tapi nanti ditengah jalan gue mendadak jadi tokoh antagonis dan menyakiti mental mereka. Wkwkwk…
onion-emoticons-set-2-46

Kakak paling galak adalah asisten gue sendiri : Abid. Entah kenapa tahun ini Sekretaris sama-sama menyandang julukan yang.. horror. But, that’s not problem for me. Sesuatu yang berbeda itu spesial. Tergantung kita melihatnya dari sudut pandang yang mana.
onion-emoticons-set-2-74

Baiklah, keluar dari insiden para kucrut yang tersiksa dan dapet mimpi buruk gara-gara takut gak dapet tanda tangan gue. Di antara para kelas, kita juga dapet satu kelas yang paling.. … em, kasarnya gue ngomong, “H*ly sh*t! What the f**k**g class!”
onion-emoticons-set-2-76

Omongan kakak kelas gak didengerin, guru nyampein materi gak di anggep, yup, sekumpulan human error stadium akhir. Kita kesampingkan cewek-ceweknya, karena mereka hanyalah korban dari mutasi kromosom dan autosom anak-anak cowok di kelas itu.

Gue juga gak terlalu nganggep keberadaan mahluk-mahluk itu, karena motto gue, “Sampah yang gak bisa didaur ulang ya buang aja, biar busuk dengan sendirinya”. Makanya ending dari kelas itu gue juga gak tau.

Baik, cukup sesi pengubaran aibnya. Sekarang beralih ke kelas yang paling gue suka. Yaitu Kansas! Gabungan dari anak-anak nakal yang memiliki sisi unik tersendiri. Yang belom tau, Kansas itu kepanjangan dari “Kami Anak Nakal Suatu Saat Akan Sadar”.


Korban Kansas 2012.

Para korban kami kumpulkan di dalam satu ruangan. Kemudian, kami pisahkan berdasarkan kelompok yang sesusai, lalu kami jadikan aktor, dancer, penyanyi, dan lain-lain. Kurang lebih profesi yang kami latih adalah : “Raja & Ratu Gombal, Tukul, Power Ranger, Cherry Balle, Jimbrong, Mince, Mbah Surip, 4 Diva, Tori-Tori Chesse Crackers, Mbok Pecel, dan lain sebagainya.


Cherry Belle sedang latihan pemirsaah..

Para selebritis ini nanti akan keliling kelas dan menampilkan profesinya. Dan sebelum berangkat Hiking di hari Sabut juga akan kami tampilkan di lapangan. Seru kan? *tiket nonton gratisss!*


Uji coba penampilan TUKUL.. mwahaha…

******

Here come… Hari Sabtu, adalah hari yang paling dinanti oleh kami. HIKING PEMIRSAAAH..! 😀


Divisi Kansas sedang menyiapkan pasukannya. Lengkap dengan atribut topi daun, tas karung, papan nama, dan kalung buah.

Oh ya, yang mau liat penampilan kansas.. gue ada beberapa video yang bisa di akses via youtube.. Tinggal klik aja nama judulnya. 😀

Power Ranger
Wonder Boy / Cherry Belle

Sementara menyaksikan penampilan kansas, perwakilan dari setiap ekstra segera menuju pos masing-masing. Gue, dan mahluk 6 Inti OSIS lainnya juga sudah stand by di pos rimpon. Pos ini agaknya sudah menjadi pos keramat untuk OSIS. Waktu gue kelas X, ketemu pos OSIS juga disini. Waktu kelas XI, juga disini. Sekarang kelas XII, disini meneeeh…
onion-emoticons-set-2-134

Kami menunggu kehadiran para manusia itu sambil menikmati makanan-makanan yang ada (bukan rumput lho… tapi snack..) Manjat-manjat pohon adalah hal yang biasa.. bahkan tidak sedikit kau menemukan tokai sapi disana.. *ada sapinya juga! Cuman gak gue posting… males..* wkwkwk..


Abid dan Syaiful.. kembali ke habitat.. wkwk..

Setelah menunggu 1 dasawarsa dan 1 abad… akhirnya rombongan per divisi datang juga. Setiap divisi kami beri macam-macam pertanyaan mengenai OSIS. Anehnya.. gue ngerasa ada ketidakseimbangan dari setiap divisi. Ada divisi yang kami siksa, ada juga divisi yang cuman kami tanya-tanya, terus kami usir. Setelah gue selidiki, ternyata divisi itu kami siksa karena gak bisa jawab pertanyaan paling mudah, sementara divisi yang kami usir.. karena ngebosenin.. wkwk..

Dan… datanglah divisi yang paling kami tunggu. KANSAS. Awalnya niat kami disana adalah menyiksa mereka, karena udah tradisi dari setiap MOS pasti Kansas yang paling digalakin. Cuman herannya, kenapa tiba-tiba enggak konsisten, ujungnya mau ngamuk kok ini malah jadi… “capek ya dek? Udah.. istirahat sana..”

Dibaik-baikin. =_= Oh crap… onion-emoticons-set-2-106

Iya, mereka enggak kita amuk. Cuman suruh istirahat, tanya-tanya materi, mereka bisa jawab.. terus.. pulang bareng.. *karena mereka divisi terakhir jadi baliknya bareng-bareng).

Sampai disekolah…. upacara penutupan. Setelah beristirahat cukup, mereka dibariskan dan upcara penutupan dimulai. Memang enggak formal sih, tapi intinya disitu mereka udah disahkan menjadi siswa-siswi SMAN 1 Tumijajar. *Yeiii.. congrats guys… *


Thanks to all the comites..

Upacara ditutup dengan kegaduhan dari baris belakang para peserta. Mereka diguyur aer seember oleh para panitia MOS. Yah, itulah tradisi untuk mengucapkan selamat. Bersyukurlah kalian yang kena guyuran itu.
onion-emoticons-set-2-88Wkwk..

MOS 2012 end.
onion-emoticons-set-2-77See ya..

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 27, 2012 in MOS, Sekolah

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: