RSS

Pengalaman Lomba Selama di SMA

17 Mar

Winner__Finished_by_Renny08

Kalau mengingat kembali masa SMA, pasti selalu di penuhi dengan kegiatan-kegiatan yang menarik. Mulai dari bikin event di sekolah sendiri, sampai mengikuti event yang di adakan di luar sekolah. Kali ini, gue mau cerita soal pengalaman-pengalaman gue mengikuti event di luar sekolah. Yang pastinya, setiap event memiliki kenangan unik tersendiri. Oke, langsung aja, chek it out.

ESO UNILA
Ini adalah lomba pertama yang gue ikutin di SMA. Gue lupa kepanjangan ESO itu apa. Hehe.. tapi intinya, disini adalah lomba Bahasa Inggris. Mulai dari debate, scrabble, reading news, stroy telling, dan speech. Dan Gue ikut scrabble. Walau pun pulang tanpa membawa apa-apa (yang menang cuman lomba speech), tapi gue tetep seneng. Karena disini ada kenangan absurb yang paling gue inget : meninggalkan Agung dan Alan di tempat kita nginep, berduaan. (They looks like a gay) =_=

ESO
Dari sebelah kiri : Alan (scrabble), Hani (speech), Vikruk (story telling),  Dita (scrabble), Agung (story telling).

GIS VI
Yang ini event bertema keagamaan. Ada pun beberapa cabang lomba yang gue inget : Mading, Dai, LCT, Puisi, Cerpen, Tafidz dan Kaligrafi. Gue ikut lomba Mading disini. Mading yang kita buat, udah bagus banget. 3 Dimensi coy, gue bahkan nyampe ngorbanin pesawat-pesawatan bikinan kakek gue. Dan ternyata… kalah. mading yang diperlombakan adalah 2 dimensi. =_= Sisi positifnya, kita tetep pulang bawa piala bergilir karena banyak memenangkan cabang perlombaan. (Hiks.. gue merasa jadi pecundang). Kenangan yang tidak terlupakan : melihat pose tidur temen-temen yang absurb banget. Wkwkwk..

GIS VI
GIS VI…

GEMPITA HIMASAKTA 2011
Kalo ESO Bahasa Inggris, GIS Keagamaan, yang satu ini tentang eksata dan keilmiahan. Cabang lombanya antara lain : LKTI Biologi, Ketrampilan Laboratorium Kimia (KLK) , Alat Peraga Fisika (AFK), Olimpiade Sains Kerohanian (OSAKA), Lomba Komik Matematika (LKM), Mading, dan Pemanfaatan Barang Bekas (Pemangkas). Disini, gue ikut lomba komik matematika. Dan event inilah yang mengawali ‘tropi bergilir’ KIR. Ini adalah lomba pertama di mana gue bisa membawa hasil. Btw, kenangan yang tidak terlupakan: saat gue presentasi di depan dosen matematika.

Gempita 1
Foto kloter 1…

LCT TIK
Event
yang ini pastinya tentang TIK. LCT pertama sekaligus terakhir yang gue ikutin di SMA. Wkwkwk…. ini lomba paling absurb. Sekolah mengirimkan dua tim. Gue setim sama Abid dan Agnes. (Wajah-wajah yang tidak meyakinkan =_=). Tim gue kalah di babak semifinal, tapi untungnya, tim yang satunya pulang membawa tropi bergilir. Kenangan tidak terlupakan : waktu makan bakso seusai lomba (siapa coba yang enggak seneng ditraktir 3 teh botol dan 1 mangkok mie ayam bakso???) dan waktu gue hampir jatohin tropi bergilir di perjalanan pulang =_= *melirik si supir motor*. Wkwkwk…

LCT TIK
All team..

LCT TIK 2
Kapan ya ditraktir kayak gini lagi? =_=

AHMBS 2011
Ini event karya tulis Ilmiah yang di adakan oleh Astra Honda Motor. Event yang rutin diikutin sejak kakak kelas gue, Kak Bowo, menjadi salah satu pemenang utama dan dikirim ke Jakarta. Sejak saat itu, berturut-turut sekolah gue jadi pemenang utama. Sayangnya, di event ini, gue cuman nyampe jadi finalis 10 besar seLampung. Temen gue, Tiara yang terpilih melanjut ke Jakarta. (Hiks.. T_T tiket ancool) *Iye, gue cuman ngincer Ancol nya doang) Wkwkwk… Btw, ini adalah event paling mewah yang gue ikutin. Nginep di hotel gratis, jalan-jalan malem, makan jagung bakar, dan lain-lain. Kenangan tidak terlupakan : waktu jalan-jalan ke pasar malem.

HBS2011
Gue fotografernya… *mengais lubang* =_=

NATIONWIDE ESO UNILA
Ini adalah event tingkat nasional yang gue ikutin. Perkembangan dari event ESO Unila. Dan kali ini, gue enggak ikut scrabble. Tapi Wall Magazine. Satu tim 2 orang, dan gue setim bareng Dita. Bayangin, sekolah cuman ngasih dana sedikit, itu pun untuk mendesain 1 mading. Sedangkan kita harus menjalani 5 babak penyisihan. Babak penyisihan pertama dan kedua kita berhasil lolos. Babak penyisihan ketiga, gue ama Dita menghabiskan uang dari sekolah karena tema madingnya 3 dimensi. Otomatis, dana yang dikeluarkan sangat banyak. Untungnya, di babak ketiga ini, kami berhasil lolos dengan tema mading : KUBURAN. =_= Di babak keempat ini, gue ama Dita mulai galau. Kita kehabisan dana, dan temanya adalah barang bekas. So, memanfaatkan barang-barang yang ada, gue sama Dita sampe mungutin sampah-sampah di Unila demi menciptakan mading dari barang bekas!!! Sungguh, perjuangan yang luar biasa. Dan….. kita kalah. =_=  Ini, menyakitkan. Selangkah lagi, kita bisa jadi juara nasional. Tapi sepertinya, Allah belum menghendaki. Hiks.. Btw, kenangan tak terlupakan : mungut sampah bareng sama Dita dan waktu gue disuruh nyanyi ama juri pas presentasi. (Ketauan deh suara gue falsnya kayak apa) T_T

Nationwidth ESO
Ya Allah… mading kami… =_= *ngenes*

GIS VII
Untuk kedua kalinya, gue di adu disini. Di lomba yang sama, dengan rancangan anggota tim yang berbeda. Dan hasilnya…. gue tetep kalah. =_= Gue ampe gak habis pikir, apa sistematika penilaian yang dipake ama jurinya. Hufh… Tapi, untungnya, sekolah gue berhasil mempertahankan piala bergilir itu. Walau tetep nyesek, karena gue kalah dua kali berturut-turut, di event yang sama, di lomba yang sama pula. Oh iya, disini juga, mentoring gue, Divansa, semuanya lengkap hadir. Ini adalah sesuatu yang langka, dan gue sangat menghargai waktu kebersaaman itu. Hoho. Btw, kenangan tak terlupakan : curhat sama anak dari Natar (cewek lho) + mempertahankan piala bergilir.

GIS VIII

GEMPITA HIMASAKTA 2012
2012Event paling megah *karena borong tropinya paling banyak, bahkan sampe dimuat di blog fakultas*. Berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana kita cuman bawa tropi bergilir komik matematika dan juara 2 mading. Tapi, tahun 2012 ini, kita bawa tropi bergilir APF, KLK, dan LKTI-Bio, bahkan OSAKA juara 1 juga. Terus kemana tropi bergilir komik matematika? =_= Dipinjem oleh SMA lain. Ngenes.. ngenes.. ngenes.. satu-satunya cabang tropi bergilir yang enggak menang, urutan ke 10 dari 10 besar, dan semua beban kekalahan itu gue yang nanggung. Betapa hancurnya mental gue saat itu.

orz
Hancur.. hancur mentalku.. hancur.. hancur mentalku.. (nyanyiin lagu Olga)

Tapi, ya… seenggaknya gue masih terhibur dengan jumlah piala yang mereka bawa. Dan satu yang bikin gue bangga : gue adalah pelopor dari ‘tropi bergilir’ Gempita Himasakta di sekolah.

Pesan moral yang gue pelajari di event ini : “Jangan pernah meremahkan lawanmu, selemah apa pun mereka.” Oh iya, kenangan tidak terlupakan : Saat gue dikritik habis-habisan oleh ketiga dosen matematika yang jadi juri komik matematika. Rasanya… kayak makan pecel dengan cabe sekarung.

Gempita Himasakta 2
Andai foto di atas di ambil setelah pengumuman, mungkin gue udah jadi fotografernya.. =_=

TTC 2012
Event tentang IT lagi. Kali ini, yang berangkat ada Abid (Pemrograman pascal), Tegar (Ms. Power Point), Agnes (Ms. Word), Aji (Ms. Excel), Kak Guntur (Desain Grafis), dan gue (Fotografi). Banyak kejadian aneh disini, mulai dari jadi model foto sampai beberapa hal yang tidak bisa gue jelaskan. Disisi lain, Tegar berhasil membawa pulang piala, sedangkan yang lain.. masih belom beruntung. T_T Btw, kenangan tak terlupakan : semuanya. =_= Baiklah, spesifiknya yang paling memalukan waktu gue kecipratan kubangan air pas naek bis.

TCC
Foto yang bawah : (dari kiri) Agnes, Abid, Kak Guntur, Aji, gue (fotografer). Btw, Tegar kemana yew? =_=

OSN
Gue gak pernah nyangka bisa ikut berpartisipasi dalam event ini. Walau pun enggak menang, seenggaknya gue udah bisa memenuhi impian gue : ikut olimpiade. Gue ikut cabang TIK. Yang pemenangnya sudah jelas : Abid. Gue berada di urutan 5 dari berapa belas peserta se Kabupaten. Lumayanlah, itu lebih baik dari daripada gue di urutan terakhir. =_= Kenangan tak terlupakan : pas gue ngerjain soal pemrograman.

Olimpiade
Belajar rame-rame.. 😀

GEMPITA HIMASAKTA 2013
Ini adalah, ketiga kalinya gue ikut event ini. Namun berbeda dengan dua event sebelumnya. Kali ini, gue berhasrat untuk mengalahkan, dan sekali lagi –gue ingin meraih ‘puncak’ dimana para pemenang itu berkumpul. Gue percaya, Motivasi dari diri sendiri, kekompakan tim gue, bimbingan yang intensif dari pembina, dukungan dari temen-temen di sekeliling gue, dan tekad untuk bertarung. Itu yang terpenting.

Untitled-1
Tim GH kloter 1 😀

Kali ini, gue akan menagih tropi bergilir yang kemaren dipinjam. Cabang lomba tahun ini ditambah Artikel Ilmiah dan Cerpen Sains. Dan gue ikut merangkap di lomba Cerpen Sains, bareng sama temen gue Dartia Utari yang juga mendouble di LKTI Biologi. Kelas XII yang ikut cukup banyak, bukan cuman gue sama Dartia. Ada Rodo, Irfan, Abid, dan Alfian di LKLK, Dartia dan Vikri di LKTi Bio, Pujan dan Rani di Osaka. Kalo gue mau jujur, Gempita Himasakta 2013 ini satu-satunya lomba yang gue ikutin dengan serius. Dan paling sulit. Merangkak dari peringkat terbawah di tahun lalu, sampai di peringkat tiga tahun ini, gue juga  harus membalik keadaan di presentasi menjadi peringkat 1. Lalu mengalahkan sang juara 1 tahun sebelumnya (the hardest part).

Di cabang lomba yang lain pun berhasil membawa tropi bergilir, dan memborong juara 1-2. Bahkan gue enggak nyangka, bisa membawa dua tropi bergilir. Tropi LKTI Bio dan AFK memang ‘lepas’. Tetapi, Komat, OSAKA dan Cerpen Sains menggantikannya dengan tiga tropi bergilir juga. Jadi keseluruhan, kita berhasil melebihi jumlah piala di tahun sebelumnya. Dan itu adalah yang terbaik. Kenangan yang tak terlupakan : proses pengerjaan komik di kost’n Bu Devita dan ketika presentasi di depan dosen matematika untuk yang ketiga kalinya. (Itu adalah kesempatan paling luar biasa yang pernah gue dapet). Thanks a lot.

Champion
Penantian selama satu tahun… (Puter mp3 : The climb *BGM*)

Money
Yeahahaa.. 😀

Well, Gue banyak belajar dari event-event yang pernah gue ikutin. Terutama karena pasca pasang surut yang gue alamin. Tapi dari situ gue tahu.  Bahwa, yang menetukan seseorang menjadi pemenang bukan soal bakat, tapi yang terpenting adalah “tekad pantang menyerah”. Gue bisa bilang kayak gitu, karena gue benar-benar merasakan perbedaannya.

Buat semua orang yang udah mendukung gue mengikuti event-event di atas, terima kasih. Apalagi yang mensupport gue di titik pertarungan terakhir di Gempita Himasakta. Tanpa doa, dan dukungan kalian, gue juga enggak akan bisa meraih tropi itu lagi. Hehe..

Oke, itu aja pengalaman lomba gue selama di SMA. Memang sih, juaranya bisa dihitung pake jari. Bahkan kalau semua piagamnya gue jajar, rata-rata status gue ya, “Peserta.. peserta.. peserta.. pesertaa..”. Wkwkwk.. Tapi ya, enggak apa-apa. Lebih baik berpartisipasi, daripada tidak sama sekali.

Sekian postingan kali ini. Thanks for read.. See you at the next post.. 😀

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 17, 2013 in Jalan-Jalan, Kelas XII, Sekolah

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: