RSS

TIPS SNMPTN

28 Jan

110612_DPE_SOLO_SOAL-SNMPTN2

Waktu bergulir dengan cepat. Beneran. Baru beberapa minggu yang lalu gue resmi jadi mahasiswa. Sekarang berbagai pendaftaran univ lewat jalur rapot udah dibuka. Gue pun sekali lagi terperangah, alangkah cepat waktu berjalan.

Bayangan ketika duduk di kelas XII IPA 3 masih terekam jelas dikepala, kemudian reorganisasi, lomba di UNILA, try out, LUN, dan ujian nasional… semua berlalu begitu saja. Enggak kerasa.

Masa-masa ketika dilema menentukan universitas buat SNMPTN pun sudah berlalu. Deg-deg’an ketika menanti datangnya hari pengumuman. Sibuk les untuk tes tulis. Pergi ke sana kemari karena daftar ujian mandiri. Dan lain-lain.

Semua sudah kulewati pemirsaaaaaa…. >_< Sekarang, tinggal adek-adek kelas gue di SMA… hahahahaa… (tenanglah, masa-masa itu akan segera berlalu).

Mungkin gue enggak cocok kalo dijadiin konsultan buat jalur SNMPTN, secara, gue enggak lolos, jadi trik dan tipsnya enggak terlalu ngaruh. Mungkin beda kalo konsul sama yang keterima. Kan rasanya lebih absolut aja.

Tapi, gak ada salahnya kan kalo gue berbagi. Itung-itung gue pengen share tentang kesalahan-kesalahan yang gue lakuin pas pemilihan prodi di SNMPTN. Bisa buat pembelajaran aja buat anak-anak kelas XII yang sekarang masih pada galau nentuin prodinya. Hoho..

Well, langsung aja, chekidot..

  1. Menurut peraturan SNMPTN 2013, salah satu univ boleh di luar provinsi, tapi salah satunya juga wajib memilih universitas didalam provinsi yang bersangkutan. Oke, kalo soal satu itu, gue saranin, tetep utamakan prioritas yang paling utama. Misal, lo pengen banget UI, dan salah satunya kan wajib di dalem provinsi sendiri (ex : Lampung). Jadi yang dipilihan pertama tetep UI, yang kedua Lampung.
  2. Untuk prodi, utamakan yang passing grade nya tinggi. Contoh, lo daftar di IPB. Passing grade Dokter Hewan kan lebih tinggi dari prodi Ilmu Keluarga dan konsumen. Jadi, kalau pun elo demennya di IKK, tetep yang ditaro dipilihan pertama ya Dokter Hewan, baru IKK.
  3. Tips memilih prodi. Pilihan pertama adalah yang paling kita suka. (Ex : kedokteran). Pilihan kedua adalah yang peminatnya sedikit dan punya peluang masuk yang besar. Misalnya di univ A. Kalian milih Kedokteran, pilihan keduanya, carilah prodi yang sekiranya sepi peminat dan berpeluang besar di univ itu.
  4. Sesuaikan prodi dengan perkembangan nilai. Jadi, kalo nilai kalian itu besar di Biologi, cobalah mencari prodi yang berhubungan kuat dengan biologi. Kalo misalnya nilai hitung-hitungan kalian kecil, jangan maksain diri masuk matematika. Itu mempengaruhi penilaian juga soalnya.
  5. Peringatan! Kalau kalian merasa nilai rapor kalian paling oke se-SMA, jangan langsung keburu nepsong milih Kedokteran / prodi favorit dari universitas-universitas besar macam UI dan konco-konconya. Kalian juga harus inget, bukan cuman kalian yang menjadi top number one di SMA. Biasanya sih, faktor anak yang nilainya udah besar-besar, tapi kok enggak keterima SNMPTN, itu karena kalah saing dengan anak-anak di luar sana yang ternyata nilainya jauh lebih besar dan marveolus dibanding anak itu. Bukannya mau bikin down, tapi antisipasi macam gini kan lebih baik daripada kita takabur dan lupa kalau diluar sana, masih banyak orang yang jauh lebih hebat dari kita. Ya, semacam pencerminan dirilah… :3
  6. Banyak-banyak konsultasi ke BK, cari informasi universitas dan prodinya.
  7. Sering curhat sama Allah (sholat istikarah, dll..)
  8. Minta doa dan restu orang tua. Ini sepele, tapi mempengaruhi lho. :3

Yah, mungkin itu sedikit tips dari gue. Beberapa memang gue ambil dari kesalahan yang lakuin sendiri waktu itu. Wkwkwk… Oke, semoga postingan kali ini bisa membantu, terima kasih udah mau nyumbangin waktunya buat baca. ^_^

See you~

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 28, 2014 in Kuliah, Sekolah

 

6 responses to “TIPS SNMPTN

  1. anon

    Januari 29, 2014 at 4:44 am

    saya tidak setuju untuk poin “2. Untuk prodi, utamakan yang passing gradenya tinggi.”
    ngpain harus DK di atas pan pengennya mau masuk IKK so kalo dengan kebetulanya masuk DK terus malah kaga kuat gimana ?
    karena menurut saya yang terpeting itu minat bukan bakat

     
    • Eternity Stories

      Februari 1, 2014 at 4:10 am

      Prodi yang passing grade nya tinggi memang harus di utamakan. Waktu kemarin seminar di SMA saya juga dibilang seperti itu. Kalo masalah minat/bakat, itu kan tinggal siswanya sendiri yang menentukan.

      Yang poin no.2 saya ambil random dari prodi berdasarkan kelompok yang memang sudah di urutkan di IPB… untuk masalah minat. ya silahkan tentukan sendiri.

       
  2. adjeng kartika

    Desember 5, 2014 at 6:48 am

    ka boleh tanya ga passing grade prodi di fakultas fem ipb itu apa aja sih? soalnya aku cek di google beda2 ka urutannya. kalau yg terbaru dan terupdate gimana sih urutan prodi di fem? makasih sebelumnya ^^

     
    • Eternity Stories

      Desember 12, 2014 at 4:26 pm

      Wah.. kk belom update yang terbaru passing gradenya. Mungkin yg lebih akurat bisa di cek ke bimbel-bimbel.

       
      • adjeng kartika

        Desember 13, 2014 at 5:59 am

        boleh minta cp nya gak ka? kaya pin bbm nya. aku mau tanya2 ipb hehe sama mau minta info kalau ada bedah kampus ipb gitu ka. kalau boleh tolong kirim ke email aku ya ka adjengkartika@yahoo.co.id 🙂

         
      • Eternity Stories

        Desember 14, 2014 at 3:23 pm

        Udah kk kirim ya 🙂

         

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: