RSS

All About TPB IPB ^_^

21 Mei

IMG_2152

Pertama kali masuk IPB, ada tiga hal yang akan menjadi trending topic mahasiswa baru. Kehidupan asrama, MPKMB dan TPB. Untuk kehidupan asrama, suatu hari akan gue posting lengkapnya, MPKMB.. belom saatnya dirilis.. hehe.. jadi gue akan bahas soal TPB dulu.

Jadi begini para calon mahasiswa baru IPB, sebelum kalian masuk yang namanya Departemen, kalian akan dikumpulkan di satu gedung. Kuliah disana selama setahun, mempelajari semua pelajaran SMA dari IPA sampai IPS, wajib tinggal di asrama, kuliah di gedung bernama CCR dan berada di kelas bersama mahasiswa dari departemen lain. Peristiwa ini disebut TPB alias Tingkat Persiapan Bersama.

TPB ini punya nama keren lain, yaitu Tingkat Pembantaian Bersama. Mwahaha… alasannya? Kalian akan ngerti kalo udah kuliah di TPB. Mwahahahaa… (ketawa ala tokoh sinetron jahat)

photo1284
ini ruang kuliah TPB di CCR

photo0821
Gini nih suasana kelas menjelang kuliah

TPB ini wajib untuk mahasiswa baru. Disini kalian akan mempelajari pelajaran es-em-a, maka dari itu, tingkat ini juga sering disebut kelas 13. Kalian kira lulus UN udah pisah dari rumus fisika dan turunan-turunan aneh itu, atau nama-nama ilmiah spesies yang bikin lidah keseleo, atau kurva-kurva curam ekonomi, moral masyarakatnya sosiologi, bahkan sampai aerobik di penjaskes? Semua itu akan kalian temui lagi di TPB. Mwahahaa….

photo1285
-_- Ketemu ginian lagi… beneran dah..

Welcome to the 13rd grade… ๐Ÿ™‚

Di TPB kalian akan terbagi menjadi empat kelas besar, yang kemudian dipecah lagi menjadi kelas biasa.

Empat kelas besar itu adalah P, Q, R, dan S. Kelas P untuk mahasiswa Faperta, FKH, FPIK, Fapet, Fahutan (kecuali Manajemen Hutan), FMIPA (Biologi only), dan Ilmu Gizi (FEMA). Kelas Q untuk mahasiswa Manajemen Hutan, all FMIPA(kecuali Biologi), dan Fateta. Kelas R untuk FEM (Fakultas Ekonomi dan Manajemen). Kelas S untuk FEMA (kecuali Ilmu Gizi).

Gue sendiri masuk di kelas P04 dengan total mahasiswa sekelas 120an orang. Kuliah di TPB itu juga dibilang kayak kuliah internasional. Soalnya beberapa kelas, kebagian sekelas dengan mahasiswa asing dari berbagai negara. Umumnya sih dari Malaysia (kayak di kelas gue misalnya.. kekeke..).

Setiap kelas itu dipisah bukan karena iseng-iseng doang. Kelas P, Q, R, dan S mempunyai bobot mata kuliah yang sudah disesuaikan dengan basic mereka. Misalnya, kelas Q dan R mendapatkan kalkulus karena basic mereka memang dituntut โ€˜kuatโ€™ menghitung. Kelas S lebih banyak menghafal karena mereka basic nya memang di dominasi hafalan.

Biar gak penasaran, nih pembagian mata kuliah setiap kelas :

  1. P : (Landasan Matematika, Biologi Dasar, Kimia, Fisika, Ekonomi Umum, Sosiologi Umum, Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Penjaskes, Kewirausahaan, Pkn, Interdept).
  2. Q : (Pengantar Matematika, Biologi Dasar, Kimia, Fisika (Dept. Fisika : Fisika Dasar), Sosiologi Umum, Ekonomi Umum, Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Penjaskes, Kewirausahaan, Pkn, Kalkulus, Interdept).
  3. R : (Pengantar Matematika, Biologi Umum, Kimia Umum, Fisika Umum, Sosiologi Umum, Ekonomi Umum, Agama, Bahsa Indonesia, Bahasa Inggris, penjaskes, kewirausahaan, Pkn, Kalkulus, Interdept).
  4. S : (Landasan Matematika, Biologi Umum, Kimia Umum, Fisika Umum, Sosiologi Umum, Ekonomi Umum, Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, penjaskes, kewirausahaan , pkn, Interdept).

Apa bedanya Biologi sama Biologi Umum? Kimia dan Kimia Umum? Fisdas, Fisika, sama Fisika Umum?

Begini, Biologi umum, kimia umum dan fisika umum itu tidak ada praktikum dan mata kuliahnya lebih banyak ke teori. Sedangkan biologi, kimia dan fisika biasa itu materinya lebih beban ke hitungan (kecuali biologi pastinya.. hehe..) dan dapet praktikum (merasakan penderitaan laporan). Wkwk… Kalo fisika dasar, katanya sih lebih mempelajari turunan rumus.. selengkapnya bisa langsung tanya ke anak fisika langsung. Hehe..

Di TPB juga terbagi menjadi tiga sesi pembelajaran, yaitu kuliah, responsi, asistensi, dan praktikum (untuk kelas P dan Q). Kuliah itu isinya full dengerin penjelasan dosen (siap-siap bawa bantal kalo yang satu ini). Responsi itu latihan dan bahas soal, kadang juga ngerjain tugas dan kuis. Asistensi itu responsi makul agama, dia sistemnya kayak mentoring (jadi satu kelas dipecah jadi kelompok kecil 8-10 orang dan dapet satu mentor dari angkatan senior). Praktikum itu ya praktek ke lab.

Bicara soal pratikum, bisa dikatakan ini adalah salah satu momen memorable ketika masih TPB. Kalian akan merasakan penderitaan begadang karena laporan, frustasi nyari jurnal ilmiah buat daftar pustaka, atau duit terkuras karena sering mecahin perlengkapan lab. -_- Praktikum itu asik banget โ€“walau berat menjalaninya. Wkwk..

Setiap mata kuliah praktikumnya ada ciri khas tersendiri. Praktikum kimia paling ketat dan disiplin karena berhubungan dengan zat-zat berbahaya. Jas lab harus dikancingin semua, pakian tertutup, sepatu tertutup, dan gerak dengan gesit. Soalnya waktu kalian di absen masuk lab, buku dan alat tulis harus udah di bawa, tas langsung dimasukin ke loker, gak boleh nyiapin di lab, makanya harus bener-bener prepare kalo praktikum kimia. Laporan di kerjakan di tempat dan disinilah kecepatan dalam merangkai kata dan menulis di uji. Wkwk.. Nanti kalian dapet tiga buku. Buku panduan praktikum, laporan kerja, dan laporan praktikum.

photo0983
Wihiii.. dari zat padat berubah jadi gas.. ๐Ÿ˜€

photo0984

Praktikum biologi adalah praktikum yang paling seru. Buat orang kayak gue yang berasal dari sekolah dengan keterbatasan alat praktikum, menggunakan mikroskop aja udah bisa bikin gue loncat-loncat kegirangan. Bukan hanya itu, dengan perbesaran yang maksimal, bahkan bisa dikatakan mungkin saat itu adalah pertama kalinya gue bener-bener bisa melihat inti sel darah mencit, darah kodok, dan lain-lain. Eitss.. walau pun praktikumnya menyenangkan.. laporannya itu yang bikin tangan berdarah-darah. Mulai dari data praktikum, data literatur, pembahasan, daftar pustaka bahkan sampai format laporan juga dinilai. Dan semuanya tulis tangaan… yang boleh di print cuma data literatur. Salah nulis nama asprak aja bisa dikurangin poinnya. Tapi tetep aja, praktikum bio itu paling asik number uno..

photo0522
Serius banget.. wkwk..

IMG-20130927-00078
hayo… sel apa ini? ๐Ÿ˜›

photo0542

photo0827
Praktikum ini sampe ngulang tiga kali gara-gara tabungnya jatoh mulu.. wkwk..

photo0525
Asprak lagi jelasin format laporan…

My Art 2
Kelompok lab biologi P04.1 ๐Ÿ˜€

Berikutnya adalah praktikum fisika. Praktikum ini menuntut kesabaran (karena lamanya ngumpulin data dan proses pengolahan data), kemampuan berhitung, dan pemahaman teori yang harus ditulis dalam pembahasan. Laporannya ada yang dikerjakan di tempat dan ada juga yang di bawa pulang. Tapi beneran deh, mengolah data laporan fisika itu paling stress karena full hitungan dan pembahasannya enggak sedikit. Oh iya, di lab fisika juga peraturannya enggek seketat di lab kimia, jadi lebih rileks kayak praktikum biologi.

photo1524
Modul praktikum fisika..

foto1615
Nih kelompok praktikum gue..

Pembagian kelas udah, mata kuliah udah, praktikum udah.. selanjutnya apa ya? Hmmm…

Aha! Rules of TPB. Di TPB ini bener-bener full of rules dan ketat banget. Jadi jangan macem-macem kalo di TPB. Berikut beberapa rules di TPB :

  1. Kuliah pakai kemeja (bawa kemeja yang banyak dari rumah wkwk..)
  2. Wajib bersepatu kalo masuk CCR
  3. No gondrong for boys
  4. Dulu sempat dilarang dagang di CCR, tapi sekarang kayaknya udah enggak deh..
  5. Dilarang titip absen (kalau ketauan sanksinya enggak maen-maen lho.. -_-)
  6. Jangan mainin mic dan sound system di luar jam kuliah
  7. IPK kurang dari 1.75 DO (kayaknya ini memang peraturan IPB deh.. -_- )
  8. Izin dan sakit tetep di anggap tidak hadir (alfa).
  9. Tiga kali tidak hadir di kuliah enggak boleh ikut ujian.
  10. Ketauan TA (titip absen) enggak boleh ikut ujian (bahkan ada yang langsung di kasih โ€˜Eโ€™ sama dosennya).

photo0666
Akibat nunda-nunda tugas. Pagi baru ngerjain laporan, jam 13.00 praktikumnya. O.O (jangan dicontoh ya, para maba angkatan 51) wkwk..

Beberapa hal asik yang bisa kalian temui saat TPB :

  1. Karena kelas di campur sama departemen lain, kalian bisa punya banyak temen dari departemen yang berbeda.
  2. Event-event di TPB itu seru-seru dan kalian bisa melihat kekompakan masing-masing kelas ketika di acara seperti TPB Cup dan Essential atau ketika TPB menyatukan satu angkatan dalam OMI (Olimpiade Mahasiswa IPB).
  3. Di TPB semua perlengkapan kuliah itu sudah di atur. Mulai dari seminar wajib, mata kuliah, sampe jadwal kuliah. Kita tinggal duduk, buka internet, download jadwal dan ruang kelas.
  4. Tidak mengisi KRS Online (ini buat mahasiswa tahun kedua dan di atasnya).
  5. Mata kuliah seperti pelajaran SMA itu membawa keuntungan buat sebagian mahasiswa, terutama yang memang basic nya kuat di pelajaran SMA. Makanya gak heran TPB ini disebut juga Tingkat Paling Bahagia. -_-
  6. Laporan masih sedikit (?) Beneran deh, kalo kata kakak tingkat, laporan dan tugas di departemen itu lebih banyak. Jadi ternyata, yang di TPB itu masih permulaan.
  7. Jadwal kuliah longgar. Yup, benar. Dengan jeda istirahat 1-2 jam, kalian bisa pulang ke asrama dulu, makan atau tidur siang. Dan kalo udah masuk departemen, gak bakal bisa nyantai kayak di TPB lagi. ๐Ÿ˜€

Oke, berikut ini adalah tips-tips survive di TPB..

  1. Cari temen-temen sebanyaknya dari departemen yang berbeda.
  2. Bikin kelompok belajar, biar kalo ada tugas banyak bisa ngerjain rame-rame dan bisa belajar bareng juga.
  3. Gesit (beneran deh, kalo TPB itu harus gesit, dapet tugas langsung kerjain, jangan di tunda-tunda).
  4. Cari informasi (akan ada banyak informasi seperti kuliah pengganti, beasiswa atau pun seminar-seminar yang enggak semuanya di tempel di mading. Jadi kitanya juga harus aktif cari informasi lewat temen atau internet).
  5. Jangan jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang-kuliah-pulang). Mumpung di TPB ini, lebih baik kita ikutan organisasi walau Cuma satu (misal : omda, BEM, UKM, klub asrama, dewan gedung asrama, dll).

Hehe.. tipsnya segitu dulu deh. Sisanya kembali ke diri kalian masing-masing. Siapa yang bersungguh-sungguh dia yang akan berhasil. Right?

photo0798
Belajar kelompok menjelang UTS/UAS… asik kan? ๐Ÿ˜€
Ini pas lebaran idul adha, gue belajar bareng di kamar temen sambil makan sate yang dibakar rame-rame di asrama.. hehe..

Walau pun banyak yang bilang TPB itu paling bahagia, santai, dan sebagainya. TPB tetep gak boleh diremehin. Faktanya, di angkatan sebelum-sebelumnya, banyak yang DO waktu di TPB malah.

Soalnya, TPB itu peralihan mental labil โ€˜siswaโ€™ SMA menjadi sosok the real mahasiswa. Makanya gak heran kalo masih ada beberapa mahasiswa di TPB yang sifatnya masih kayak di SMA. Menganggap TPB itu SMA kelas 13 jadinya menganggap kuliah sama kayak SMA. Padahal sebenernya enggak. Jangan remehkan TPB, walau kelihatannya mudah. (Kalo buat orang kayak gue sih, TPB itu = berat banget.. -_- soalnya gue enggak jago pelajaran SMA).

Oke, sekian postingan tentang TPB. ^_^

Selamat buat yang udah lulus UN 2014. Semoga hasil SNMPTN-nya sesuai harapan dan kalau belum, jangan pernah menyerah. Kesempatan selalu ada bagi orang-orang yang tidak menyerah dan tidak mengeluh.

Thanks for read! ^_^

ย —————————————————————————————————-

Di bawah ini, gue kasih foto-foto kenangan Angkatan 50 selama setahun di TPB :

TPB CUP

IMG_0791

IMG_0846
Perwakilan atlet kelas..

Suasana heboh ketika opening TPB Cup di gymnasium.. ๐Ÿ™‚

IMG_0647 IMG_0668 IMG_0749 IMG_0665 IMG_0942 IMG_0907 IMG_0799

Foto suporter kelas..

IMG_0533 IMG_0620 IMG_0625 IMG_0630 IMG_0634 IMG_0632 IMG_0635 IMG_0636 IMG_0638 IMG_0644 IMG_0639

Para pemenang ketika closing TPB Cup..

IMG_2641 IMG_2677 IMG_2696

Essential

IMG_9068 IMG_9140 IMG_9156 IMG_9161 IMG_9167 IMG_9185 IMG_9192 IMG_9201 IMG_9203 IMG_9204 IMG_9206 IMG_9214 IMG_9222 IMG_9227 IMG_9265 IMG_9275 IMG_9288 IMG_9333 IMG_9335 IMG_9339 IMG_9341 IMG_9362 IMG_9368 IMG_9376 IMG_9379 IMG_9383 IMG_9385 IMG_9395 IMG_9399 IMG_9404 IMG_9421 IMG_9437 IMG_9449 IMG_9450 IMG_9453 IMG_9496 IMG_9512 IMG_9515 IMG_9517 IMG_9521 IMG_9531 IMG_9557 IMG_9568 IMG_9576 IMG_9589 IMG_9606 IMG_9627 IMG_9636 IMG_9643 IMG_9649 IMG_9685 IMG_9732 IMG_9755

Spesial kelas P04 (kelas gue.. hehe..)

My Art 17

OMI (Olimpiade Mahasiswa TPB) Momen saat satu angkatan kami bersatu melawan para fakultas se-IPB.

IMG_5783
Pembukaan OMI

IMG_5806
Penampilan cheerleader

Kehebohan supporter setiap fakultas..

IMG_5784 IMG_5787 IMG_5789 IMG_5856 IMG_5857 IMG_5885 IMG_5887 IMG_5996 IMG_6006 IMG_6047

Penampilan maskot fakultas…

IMG_5814 IMG_5834 IMG_5847 IMG_5849 IMG_5893

IMG_5909
Maskot TPB

Pertandingan futsal..

IMG_6002 IMG_5999

TPB in action.. ๐Ÿ˜€

IMG_5780 IMG_5785 IMG_6041 IMG_6043 IMG_6018 IMG_6051 IMG_6053

 

 

Iklan
 
56 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 21, 2014 in IPB, Kelas XII, Kuliah

 

56 responses to “All About TPB IPB ^_^

  1. mukamurka

    Mei 23, 2014 at 6:25 am

    Siap-siap ucapkan “selamat tinggal TPB”…

     
    • Eternity Stories

      Mei 23, 2014 at 4:51 pm

      Yah kak.. kok malah diingetin.. T^T
      terus dengan lirih kami berkata, “selamat datang angkatan 51”

       
  2. cachan

    Mei 27, 2014 at 8:19 am

    nyeremin hehe

     
  3. ุญู…ุฒุฉ ุนุจุฏ ุงู„ุจุง ุนุซ (@hamzahab)

    Juni 18, 2014 at 12:12 am

    maaf kak, mau nanya. tes skolastiknya susah ga?

     
  4. Ilman N.W

    Juni 18, 2014 at 6:46 am

    Hai kak, salam kenal! Aku angkatan 51 nih baru masuk IPB dan suka nulis Blog juga. Rencananya sih mau mengabadikan momen-momen di IPB di Blogku ehehe mohon bimbingannya kak! ^^

     
  5. Ilman N.W

    Juni 18, 2014 at 6:48 am

    Hai kak, salam kenal! Aku angkatan 51 nih baru masuk IPB dan suka nulis di Blog juga. Rencananya sih mau mengabadikan momen-momen di IPB melalui tulisan di Blogku ehehe mohon bimbingannya kak! ^^

     
    • Eternity Stories

      Juni 18, 2014 at 8:42 am

      Ciee.. ada camaba IPB… hahaha..
      Salam kenal juga..
      Sip, mengabadikan momen itu bagus.. apalagi pas tahun pertama. itu biasanya banyak event-event dan kejadian yang bisa diceritain.. ^_^
      Insya Allah.. kalau kk juga bisa bantu..

       
  6. lisa amelia

    Juni 18, 2014 at 2:11 pm

    wah terimakasih atas postingan ini kak, jadi lebih tahu tentang kehidupan mahasiswa tpb di ipb, tapi jujur aku juga kurang banget dalam mata pelajaran sma terutama fisika, tapi entah kenapa ngebet banget kuliah disini hehe. Doain aku ya kak semoga masuk ipb^^

     
    • Eternity Stories

      Juni 23, 2014 at 1:14 am

      Wah.. dikau mending kurang di fisika.. kalo kk kurang banget di semua makul eksak.. hahaha..
      Gpp.. disini banyak kok yang belajar dari basic lagi.. jadi ya asal mau belajar, mau usaha… minimal bisa lulus lah dari huruf maut “E”.. hehe..
      Sip.. sip.. Aamiin.. ^_^

       
  7. agry Nugraha

    Juni 20, 2014 at 7:40 am

    ka masuk IPB lewat UTMI mahal gk, dn ada uang sumbangan gak?

     
    • Eternity Stories

      Juni 23, 2014 at 1:33 am

      enggk kok.. biaya kan pake ukt, jadi sama aja kyk yg lewat jalur sbmptn, snmptn.. ๐Ÿ˜€
      Enggak ada uang sumbangan. jadi yang lewat UTMI itu terjamin kemurniannya.. ^_^

       
      • Agri Nugraha

        Juni 24, 2014 at 12:13 pm

        alhamdulillah ka klo gk ada smbangn mh jd smkin smngt utk prsiapn ujian UTMI, tp smoga z di SBMPTNny dpt di IPB :D. oh iy ka di UTMI nnt sy rncanany mw milih jurusn TMB dan agronomi mnurut kakak gmn peluangny dn pminatny bnyk gk kedua jrusan tsb kak?

         
      • Eternity Stories

        Juni 26, 2014 at 10:39 am

        Iya.. Aamiin.. kalo udh keterima di sbmptn jadi lebih lega lah.. hehe..
        TMB peminatnya sedang.. gak terlalu dikit tapi juga enggak banyak banget..
        Kalo agronomi baru banyak banget peminatnya..

         
  8. byul

    Juni 21, 2014 at 4:38 pm

    Duh SMA aja bikin laporan praktikum udah guling-guling..ga kebayang kalo TPB hehe.Mamaku juga sempet ngingetin kalo TPB itu emang berat (ketat bgt) haha. malahan kata kakak kelas aku juga itu tingkat penyikasaan bersama -_- Doain ya kak biar bisa nyusul ke ipb~ Kemaren habis sbmptn *curhat* ;_;

     
    • Eternity Stories

      Juni 23, 2014 at 1:35 am

      Hahaha.. tepatnya.. TPB (Tingkat Pembantaian Bersama) wkwkwk…
      Emang kok.. kk aja terkaget-kaget karena dulu, di SMA praktikumnya gitu, disini sampe keseret-seret karena suka ngaret.. wkwk…
      Sip, Aamiin.. semoga sukses ya.. ^_^

       
  9. dewi nuraeni

    Juni 22, 2014 at 5:21 pm

    wah kak makasih ceritanya mhehe ^_^

     
  10. xxxx

    Juli 17, 2014 at 1:33 pm

    kak terima kasih ya atas tulisannya di blog selama ini. sangat membantu! saya puji Tuhan adalah maba IPB 51 ๐Ÿ™‚

     
    • Eternity Stories

      Juli 17, 2014 at 3:17 pm

      Sama-sama.. ^_^
      Syukurlah, keterima juga di IPB.. hehe..
      sampai ketemu ya di MPKMB 51

       
  11. Yohana Jenny

    Juli 18, 2014 at 12:41 pm

    ka, punya contoh soal tes d3 ipb ga? makasih ๐Ÿ™‚

     
  12. Eka Faza Medi Fani

    Juli 23, 2014 at 1:20 pm

    kak kalo utsnya nilainya gak bagus gmana tu kak?

     
    • Eternity Stories

      Juli 24, 2014 at 6:26 am

      Berarti nilai UAS nya harus bagus. ๐Ÿ™‚
      Sama nilai kuis/tugasnya juga dibagusin.

       
  13. ridwan

    Juli 25, 2014 at 12:34 am

    ka, saya baru keterima di fem nih…
    mau nanya kalo fisika, biologi, kimia umum tuh susah ga ka?
    sama kalo pas tpb udah dikasih jaket almamaternya blom ka? hehe
    abisnya saya lulusan ips masuk ipb aja kayanya hoki

     
    • Eternity Stories

      Juli 27, 2014 at 3:30 am

      Melihat nilai temen2 angkatan kk, fisika-bio-kimia umum itu tergolong mudah. yang penting kuat hafalannya.
      Iya, udah dikasihlah. Hehe.. ntar pas registrasi kan udah dibagiin tuh almetnya. ๐Ÿ˜€

       
    • dwita (@dwitarang)

      Desember 3, 2014 at 8:55 am

      kaka dr ips? masuk jalur apa ka?

       
  14. Frz

    Juli 25, 2014 at 3:11 pm

    Hai kakkkk aku maba 51 fema nih kak!! Jd gasabar kuliahh gara gara baca blog kakakk. See u kakk:)

     
    • Eternity Stories

      Juli 27, 2014 at 3:31 am

      Haii maba 51… hahaha..
      Sip, sip, nikmatilah masa2 tpb ini.. ๐Ÿ˜€
      oke, see you di mpkmb..

       
  15. Rahul Saksena

    Juli 26, 2014 at 2:28 am

    kak, kira-kira buku pelajaran yang harus di bawa apa aja yaaahh ??? saya lulus utm FKH.

    trus kalo pelajaran biologi dasar, fisika, kimia itu banyak condong ke hitungan dan rumus2 ribet yahh ????

    kalo landasan matematika itu kaya gimana modelnya ?? mksh

     
    • Eternity Stories

      Juli 27, 2014 at 3:36 am

      biologi anak kelas P itu materinya lebih rinci dan kompleks di banding biologi umum.
      Kalo fisika dan kimia sarat hitungan dan pemahaman teori. Hahaha..
      Landasan matematika = matematika dasar. Materinya logika matematika, aljabar, integral, turunan, dll..
      Kalo temen2 kk sih beberapa ada yang bawa buku cetak kimia/fisika atau catetan pas SMA dlu, karena ya materinya gak jauh berbeda.

       
  16. sofia

    Agustus 4, 2014 at 9:38 am

    kak mau tanya, kalau jurusan biokimia IPB itu gimana tk.keketatannya? peminatnya jg banyak nggak? terus katanya di biokimia kuliahnya rata-rata 5tahun baru lulus ya?

     
    • Eternity Stories

      Agustus 6, 2014 at 6:40 am

      Lumayan banyak, tapi belum termasuk ketat kalo di di banding prodi-prodi favorit lainnya.
      Kalau kuliah itu relatif. Kalau rajin, tekun, penelitian sama skripsi cepet beres.. Insya Allah 4 tahun selesai. Tapi bisa jadi kalau penelitiannya memang lama, ya lima tahun. Hehe.. tergantung individu sih..

       
  17. jul

    Agustus 20, 2014 at 1:17 pm

    Kaka, mau nanya dong kalo Matematika di kelas R tuh susah ga ya?

     
    • Eternity Stories

      Agustus 24, 2014 at 5:41 am

      Kelas R dapet PM : Pengantar Matematika. Kebanyakan sih bependapat susah.. hehe.. tapi memang tingkat kesulitannya di atas landasan matematika.

       
  18. Lisa Gusreviani

    Agustus 30, 2014 at 4:17 pm

    Maaf kak..mau nanya
    kalo cewek juga wajib pake kemeja selama tpb?

     
  19. Fathiya Nabila

    September 28, 2014 at 3:03 am

    kak, interdept itu kalau kelas s matkul nya apa ya kak ?

     
    • Eternity Stories

      Oktober 4, 2014 at 7:35 am

      tergantung departemnnya. Kalau SKPM dapet dasar komunikasi. Kalau IKK pengantar psikologi kayaknya.. ilmu gizi juga dapet apa gitu.. pokoknya tergantung departemennya.. ๐Ÿ™‚

       
  20. adiba azka

    Juni 10, 2015 at 4:51 pm

    kakkk seru bgt TPB-nya!;D bikin makin semangat belajar buat UTMI hahaha doain ya kakk biar bisa nyusul ngerasain TPB tahun ini:)

     
    • Eternity Stories

      Juni 11, 2015 at 2:11 am

      Seru doong.. ๐Ÿ˜€ hehe..
      sip, sip.. semangat terus yaa.. ^_^
      Sesuatu itu lebih seru kalau dirasakan sendiri..

       
  21. rifkiridha

    Juli 7, 2015 at 2:53 am

    kayak mau jadi maba luar negeri aja, pake penyesuaian segala selama setahun.. unik

     
    • Rin Lawliet

      Juli 24, 2015 at 2:34 pm

      Yep, untuk angkatan 52 dan seterusnya, kelasnya dibagi jadi 6 tipe, P, Q, R, S, T, U..
      *padahal semakin heterogen semakin seru lho* haha.. gpp, biar esensinya beda.. ^_^

       
  22. Aisyah Sahara

    Januari 27, 2016 at 5:28 am

    Hai ka aku angkatan 52 IPB, dulu sebelum mulai kuliah tpb aku baca blog kakak, trus ancang-ancang materi yg aku lupa dan sangat membantu. makasih ya ka
    ^^

     
    • Rin Lawliet

      Maret 20, 2016 at 5:27 am

      Alhamdulillah kalau tulisan kakak membantu.. ๐Ÿ˜€
      Sukses terus yaa..

       
  23. Putri

    Mei 16, 2016 at 6:56 am

    Makasih ya kak postingannya. Jadi makin siap mental nih di TPB nnti.

     
    • Rin Lawliet

      Mei 25, 2016 at 1:59 pm

      Sip. sekarang TPB namanya diganti jadi PPKU.. tapi life’s rulenya sama kok hehe

       
  24. Rahma

    Mei 16, 2016 at 6:58 am

    Makasih ya kak postingannya, jadi makin mantap dan siap mental di TPB nnti *padahal mah aslinya masih takut*

     
    • Rin Lawliet

      Mei 25, 2016 at 2:00 pm

      No no no.. don’t worry..
      tpb adalah masa-masa paliing bahagia.. ๐Ÿ˜€
      paling santai, paling dikenang.. paling rame.. (y) dibawa enjoy aja

       
  25. wawan

    April 20, 2018 at 2:14 am

    Mau tanya kak, kalau udah selesai PPKU nanti tahun kedua tetep melanjutkan ke prodi yang kita pilih sebelum PPKU ya kak?

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: