RSS

#Catatan Anak Asrama : Persiapan MPKMB

20 Agu

Iklan

Sebagai salah satu mantan anak asrama, gue ngerti banget susah-senengnya menjalani kehidupan di asrama. Termasuk saat menghadapi masa-masa ospek. Mulai dari terjaga sepanjang malam supaya enggak bangun kesiangan, nyetel musik di kamar mandi biar gak kedengeran suara anak yang gedor-gedor pintu karena antrian udah panjang, kehabisan air, sepatu mendadak hilang pas komdis udah nyuruh baris di depan asrama, dan sejuta kegupekan lainnya.

Nah, untuk menghindari kejadian-kejadian seperti di atas, gue bisa ngasih beberapa tips dalam mempersiapkan MPKMB. Percayalah, ini memang pernah dilakukan oleh beberapa temen gue dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan ketika MPKMB.

  1. Kerjain tugas sejak jauh-jauh hari, jangan H-1 baru bikin buku tugas sama nulis isinya. Bisa keteteran entar.
  2. Jangan sungkan minta bantuan temen yang udah selesai atau tanya ke Tora/i apabila ada yang masih kurang jelas.
  3. Carilah teman sebanyak mungkin, baik dari satu sektor mau pun sektor lain agar bisa beradaptasi di TPB lebih cepat dan juga mempermudah akses informasi.
  4. MPKMB sangat menguras tenaga –walau pun hanya duduk seharian di GWW, pasti kerasa capeknya.
  5. Pastikan SOP sudah lengkap minimal H-2 MPKMB.
  6. Jangan nyuci kemeja/batik/kaos distrik/rok/celana pas H-1 acara. Siapa tau elo kalap lupa ngangkat jemuran, terus kehujanan. Entar malah repot, harus keliling satu asrama buat nyari pinjeman.
  7. Kemeja, rok/celana, sepatu, buku tugas, name tag dan SOP lainnya di rapikan menjadi satu agar mudah dikenakan. Kalau berantakan nanti repot nyarinya.
  8. Siapkan energi buat MPKMB. Jangan tidur kemalaman dan pasang alarm.
  9. Bangun subuh supaya enggak ngantri kamar mandi dan kehabisan air.
  10. Efektifkan keperluan di kamar mandi –jangan nyanyi-nyanyi dan boros air, kasian yang udah ngantri panjang di luar kamar mandi.
  11. Tampung air di ember semalam sebelum hari H. Jaga-jaga kalau air mati. (Sistem air di asrama, kalau dipakai oleh banyak orang dalam waktu bersamaan –biasanya mati).
  12. Pastikan makan sebelum MPKMB. Sarapan penting. Jangan di anggap remeh.
  13. Kalau memang enggak enak badan, langsung lapor medis. Jangan ditahan-tahan. Udah tau mata berkunang-kunang, wajah pucat, perut sakit, masih aja jalan, entar kalo ambruk di tengah jalan kan berabe. -_-
  14. Be on time. Buang kebiasaan ngaret.
  15. Patuhi komdis, dengarkan kata-kata kakak Skeepernya, kenali Medisnya, dan jangan lupa senyum, sapa salam dengan panitia yang lain. Biasakan ramah agar nantinya ketika bertemu dengan siapa pun yang kita kenal –kita terbiasa bersikap santun dengan orang lain.
  16. Terakhir, buka matamu, buka hatimu, dan dapatkan feel-nya.

Oke, sekian tips dari gue, semoga bermanfaat.

MPKMB 51??? Bakar.. bakar.. bakar….! Mwahahaha.. XD

 

NB : kalo punya tips yang lain, boleh ditambah di kolom komentar. Tips anda turut memudahkan persiapan MPKMB mereka. Hehe..

Iklan
 
16 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 20, 2014 in IPB, Kuliah, TPB, Uncategorized

 

16 responses to “#Catatan Anak Asrama : Persiapan MPKMB

  1. Dias Febrisahrozi ~ (@deydias)

    Agustus 25, 2014 at 6:34 pm

    17. Kalo emang males antre, nggak usah mandi gapapa. Cuci muka + gosok gigi aja. Atau mandi aja sebelum tidur.
    18. Nggak usah banyak modus! wuahahahaha 😀

    cmiiw

     
  2. alaik

    Januari 25, 2015 at 8:11 am

    untuk mahasiswa yang masuk jalur SBMPTN, BUD dan UTM ke asrama berapa hari sebelum MPKMB ka?

     
    • Eternity Stories

      Februari 1, 2015 at 12:35 am

      Kalau pas tahun kk, masuknya bareng sama anak matrikulasi yg baru selesai liburan matrikulasi..
      Kalo angkatan 51.. abis lebaran itu…

       
  3. Anisa Ramadhani

    Juni 16, 2015 at 6:41 am

    emang kamar mandinya di dalem kamar apa diluar kak?

     
  4. ilham nur five

    Juli 18, 2015 at 1:56 pm

    apa ini untuk MKPMB 52 ?

     
  5. Ibnu Abi 'Iffat

    Juli 25, 2015 at 10:37 am

    Kak, kalau di asrama, apakah selalu disediakan makanan dan minuman sepanjang tahun? Bagaimana dengan mencuci, apakah Kita harus mencuci secara manual atau ada mesin cuci? Bagamaina pula dengan hari atau jadwal libur yang menyebabkan kita bisa keluar lingkungan Kampus? – Dydimus, Cakra Nusantara ’52

     
    • Rin Lawliet

      Juli 26, 2015 at 8:34 am

      Makanan dan minuman tidak disediakan asrama. Tapi di deket asrama banyak kantin kok. Kalau mencuci, di asrama itu boleh mencuci sendiri (manual), ada juga bicu (Bibi Cuci) -jadi setiap pagi bisa setor baju yg ingin dicuci ke bicu, bayarnya perbulan. Dan ada laundry juga. Umumnya mahasiswa TPB IPB kuliah hari Senin-Jum’at, kecuali FKH-biokim yang sampai sabtu. Tapi kalau tidak ada acara asrama, di hari libur seperti Sabtu dan Minggu boleh kok main keluar lingkungan kampus.

       
  6. Ibnu Abi 'Iffat

    Juli 25, 2015 at 10:38 am

    Oh ya, satu lagi, apakah MABA diperbolehkan membawa printer dari rumah? Trims. – Dydimus, Cakra Nusantara ’52

     
    • Rin Lawliet

      Juli 26, 2015 at 8:36 am

      Tidak boleh. Salah satu peraturan di asrama itu tidak diperbolehkan membawa barang2 seperti printer, setrika, hair dryer, rice cooker, dll.
      Tapi kalo laptop, hp, boleh.

       
  7. Ibnu Abi 'Iffat

    Juli 27, 2015 at 3:47 pm

    Jadi, apakah MABA harus selalu nge-print di rental-rental dalam dan luar IPB?

     
  8. Ibnu Abi 'Iffat

    Juli 27, 2015 at 3:51 pm

    Bagaimana dengan sepeda, diperbolehkankah atau sama pula nasibnya seperti rice cooker, dll. Oh ya, satu lagi, bagaimana dengan kipas angin kecil untuk di dalam asrama? Trims.

     
    • Rin Lawliet

      Juli 28, 2015 at 11:50 am

      Tidak boleh membawa kipas angin. Kalo sepeda IPB sudah menyediakan. Disebelah asrama ada peminjaman sepeda gratis, cukup memperlihatkan KTM sepeda boleh dipinjam.

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: