RSS

KSHE 50 Goes to Pulau Rambut

14 Des

10805541_750741651688537_7655369398910264492_n
Santalum album in Suaka Margasatwa Hairland Pulau Rambut ^_^

Yosh.. apa kabar semuanya..
Maaf banget gue telat posting… *maklum orang sibuk* (jiahaa.. sok sibuuuk)

Jadi di postingan kali ini, gue ingin menceritakan pengalaman gue –ya beberapa hari yang lalu tepatnya. Yaitu ketika kelas gue praktikum matkul Ekologi SatwaLiar ke Pulau Rambut.

Praktikum ini dilaksanakan hari Sabtu dan Minggu tanggal 6-7 Desember 2014. Jadi gini ceritanya –sejujurnya kita anak IPB –sangat jarang yang namanya keluar dari lingkungan kampus (selain buat pulang).

Rutinitas kampus yang luar biasa padat –apalagi kayak departemen gue yang tiap minggu dikejer deadline laporan, praktikum pengamatan dan kesibukan di organisasi –jelas yang namanya jalan-jalan itu adalah hal langka (kecuali beberapa praktikum yang kalian liat di postingan sebelumnya –itu nilai plus kalo kuliah di departemen gue. Hehe..)

Dini hari Sabtu, sekitar jam 5an, kita udah pada dikumpulin di tempat parkir deket ATM Center. Matahari belum muncul, tapi depan ATM Center sudah di penuhi oleh anak-anak KSHE 50 dan para asprak. Gue dan Tria yang saat itu baru dateng, langsung gabung dengan anak-anak yang lain karena Lilit udah mulai ngabsen.

IMG_3360
Masih gelep banget.. -_-

IMG_3369
Udah pada mau naek ke dalam bis..

Gue duduk bareng Mike di bis 2. Perjalanan dari kampus IPB menuju Pelabuhan Tanjung Pasir di Tangerang. Terlihat di bis temen-temen gue mulai bertumbangan alias tidur.

IMG_3388
Tuh kan.. baru jalan udah pada banyak yang tepar.. wkwk..

Perjalanan terasa singkat –apa karena emang gue yang saking excited sampe gak kerasa lagi. Wkwkwk… Intinya, kita tau-tau udah nyame di pelabuhan Tanjung Pasir.

IMG_3407
Baru sampai~

Terlihat laut berwarna biru dari kejauhan, angin pantai yang cukup kencang menyambut kedatangan kami. Walau sinar matahari cukup terik –tetapi itu tidak sepanas di Bogor (entahlah, menurut gue sih gak sepanas bogor wkwkwk)

IMG_3464
Kurang lebih seperti ini Tanjung Pasir

IMG_3437IMG_3447
Foto-foto.. foto-foto everywhere..

Setelah itu kami berjalan ke tempat kapal kami berlabuh. Kapal kami berjumlah tiga dan satu kapal muat di naiki sampai empat puluh orang. Biasalah ya –wajah-wajah yang jarang main ke pantai langsung keliatan ceria banget. Apalagi pas di laut banyak ubur-ubur yang berenang ke permukaan. Setelah semua anak naik ke atas kapal –kami pun berangkat menuju pulau rambut.

IMG_3501
Di atas kapal pertama..

DSC_0042
Di atas kapal kedua…

IMG_3524
Jarang liat ubur-ubur ya? Wkwkwk.. (gue juga sih -_-)

IMG_3530
Berangkat.. berangkat.. ^_^

Kapal melewati gelombang laut yang cukup kencang –burung-burung laut terbang di langit dan dari kejauhan gue dapat melihat pulau Rambut.

IMG_3572
Tuh… pulaunya udah keliatan 😀

Kapal berlabuh di dermaga Pulau Rambut. Rasanya udah gak sabar menginjakkan kaki di atas pasir yang berwarna putih. Begitu sampai di pulau, beberapa dari kami ada yang menurunkan tas terlebih dahulu –tapi tidak sedikit yang langsung menerjang spot-spot tertentu untuk berfoto.

IMG_3589
Baru turun…

IMG_3680
Foto kshe 50 bareng Pak haris..

IMG_3656
Yang ini juga.. ^_^

IMG_3618IMG_3626
Serasa jadi foto model yak kalo gini…

IMG_3629
Itu papan namanya.. oh ya, dan itu modelnya Bayu..

IMG_3604
Ini di depan lukisan satwa-satwa pulau Rambut… maksudnya.. lukisan di belakang tiga orang itu.. wkwkwk..

IMG_3611
A nice plce for galau.. -_-

IMG_3721
Yang mau curhat.. yang mau curhat.. banyak pasir disini…

IMG_3717
Mencari ‘harta’.. wkwk..

IMG_3735
Nyantai dulu di dermaganya…

IMG_3727
Another photo..

IMG_3617
Laut emang keren…

Kami berfoto, bermain-main di sepanjang pantai, menuliskan beberapa kata di pasir –pokoknya seneng-seneng dulu sebelum praktikum dimulai. Hehe.. Setelah puas bermain-main, kami dikumpulkan –dibariskan berdasarkan kelompok. Pembagian asprak lalu makan pagi-siang.

IMG_3761
Semangat bawa konsumsi! ^_^

IMG_3764
Semangat bawa galon! ^_^

IMG_3780
Makan pagi menjelang siang..

Setelah makan, kelompok gue berangkat ke bagian dalam pulau untuk melakukan pengamatan.

IMG_3807
Cek gedget.. wkwkwk..

IMG_3831
Pengamatan dimulai..

IMG_3837
Kadal..

IMG_3842
Kulit uar

IMG_3846
Kalo yang ini Dennis…

IMG_3851
Kadal lagi..

IMG_3872
Biawak.. big biawak..

IMG_3890
Biawak lagii.. little biawak.. wkwk..

IMG_3906
Lanjut kemenara pengawas

IMG_3908
Ini dia menaranya..

IMG_3920
view dari menara pengawas

IMG_3950
Satu pohon itu bisa dijadiin cover dari banyak burung.. kayak gitu..

IMG_3970
Elang laut perut putih..

IMG_3990
Ini juga kayak di atas.. .

IMG_3987
Ini yang menyebalkan.. sampah, sampah everywhere! -_-

IMG_4004
Baru turun dari menara pengawas..

IMG_4007
Eki dan Qosyim

IMG_4008
Menghayati banget kayaknya,..

IMG_4014
Liputan live oleh Denis dan Anda..

IMG_4036
Selesai pengamatan di dalam pulau…

Selesai pengamatan di dalam pulau, setelah itu kita pengamatan ke samping pulau. Maksudnya, menyisir ke sisi utara pulau.

IMG_4043IMG_4049
Anda memimpin jalan..

IMG_4061
Merusak pemandangan.. -_-

Menyisir sisi pulau tidak terlalu lama dan kami segera kembali untuk makan siang dan sholat.

IMG_4129
Nyantai dulu..

Setelah ishoma, kami melaksanakan praktikum perhitungan populasi burung. Jadi disini kami menghitung populasi burung yang masuk dan keluar dari wilayah SMPR. Kami di bagi menjadi tiga kelompok besar. Ada yang melakukan pengamatan di bagian utara, timur dan selatan. Kelompok gue kebagian di utara.

Dari tempat pertama, kita berjalan menyisir pantai sampai di tembok-tembok pemecah ombak. Di sana, ada beberapa bagian tembok yang sudah rusak, sehingga ya mau gak mau –kita harus lompat atau turun ke bawah buat melanjutkan jalan.

Di sana kita mulai melakukan pengamatan perhitungan populasi burung. Mungkin terasa membosankan ketika burung yang datang jumlahnya hanya dikit dan spesiesnya itu-itu mulu. Tapi ketika segerombolan yang dateng.. -_-

IMG_4094
Keluarga besar Pecuk Padi

Qosyim : Eh.. itu burungnya ada banyaaak.. (nunjuk ke arah segerombol Pecuk Padi)
Eki       : 1 2 3 4 5 6 7 8 9….
Ela       : 1 2 3 4 5..
Rifki    : Itu apa? Itu apa?? Ada yang bukan Pecuk Padi! Bino.. bino… (maksudnya binokuler)
Me       : (ngarahin SLR) Cangak merah! Cangak merah!

Entah mengapa ketika perhitungan populasi burung –SLR gue berubah fungsi jadi monokuler. -_-

IMG_4306
Eki.. serius banget.. wkwk.

IMG_4124
Pecuk Ular..

IMG_4224
Tuh kan.. satu RT yang dateng.. -_-

IMG_4230
Kurang lebih seperti ini kondisi di lapang..

IMG_4277
Anda berburu kepiting..

IMG_4292
Karena airnya surut, banyak mahluk-mahluk laut yang terjebak di genangan-genangan kayak gitu..

Pukul 17.00 waktu pengamatan sudah habis, kami pun meninggalkan tempat pengamatan..

IMG_4318
Qosyim kalo mau jebur ke laut botol minumnya gak usah ikut di lempar deh.. -_-

IMG_4305
Qosyim ma Eki : model foto kelompok 13 sejak praktikum pengamatan di kampus.. wkwkwk..

IMG_4204
Yang ini kelompok pengamat di dermaga..

IMG_4294
Edisi ketua angkatan… hahaha..

IMG_4315
Wauw.. satu kecamatan itu mah…

IMG_4339
Foto sebelum pindah ke tempat penginapan..

IMG_4346
Naek ke kapal lagi..

Setelah semua pengamatan selesai dilaksanakan, kami pun meninggalkan Pulau Rambut untuk ke tempat penginapan di Pulau Untung Jawa.

Pulau ini kayaknya khhusus buat penginapan deh. Soalnya disana kebanyakan isinya wisma/tempat penginapan. Banyak juga tempat-tempat jualan. Mulai dari makanan, baju, sampe aksesoris –semua ada.

IMG_4362

Setelah pembagian tempat untuk beristirahat kami ada waktu bebas sampai makan malam. Gak nyangka makan malemnya enak banget. Walau berdesakan kayak pengungsian –tapi ya enak. Haha.. gue kira selama pengamatan berat badan bakal menyusut, kayaknya berat badan malah naek. Diporsir ayam mulu. Wkwk..

Setelah makan malam, ada kumpul bentar bareng Pak Insan. Baru setelah itu bener-bener jam bebaaas! Kebanyakan dari kami jalan-jalan ke dermaga.

Gilaaa.. romantis parah tempatnya. Kayak di sinetron-sinetron. Taulah, scene jalan bareng berduaan di sepanjang pantai, langit cerah di hiasi oleh bulan dan bintang, kaki terkena deburan ombak, pasir menyisakan jejak sepasang insan yang di mabuk asmara *sori bahasa gue alay* wkwkwk…

Gue jalan-jalan bareng Tria. Kami beli jagung bakar, ikut ke dramaga bareng yang lain. Menikmati angin malam di tepi pantai. Suara tawa temen-temen yang sedang bermain truth or dare terdengar bersahutan dengan ombak.

Sudah cukup menikmati suasana malam di pantai –gue dan Tria akhirnya balik duluan ke penginapan.

———————————

Skip sampai keesokan paginya. Karena terlambat bangun dan gak sempet mandi, akhirnya gue cuma cuci muka, gosok gigi dan langsung nyusul yang lain ke dramaga *bisa kacau kalo gue ketinggalan*.

IMG_4378
Menanti jemputan..

Kapal datang terlambat dari jadwal, tapi ketika kami sampai kembali di Pulau Rambut –pengamatan kembali di lanjutkan.

IMG_4400
Selamat datang kembali~

Gue, Qosyim, Eki dan Ela kembali ke tempat pengamatan yang kemaren buat ngitungin burung yang akan keluar dan masuk ke dalam pulau.

IMG_4413
Kondisi lapang pengamatan pagi.. wkwk..

pucuk ular 2
Purple heron

kuntul bird
Little egret
kepodan
Black-naped oriole

kekep babi
White-breasted woodswallow

dara laut
White tern

IMG_4241
Little Black Cormorant

Kali ini cukup terkontrol karena jumlah burung yang masuk dan keluar enggak seheboh kemarin (maksudnya enggak maen keroyokan satu RT). Wkwkwk..

Setelah pengamatan, kami berkumpul lagi di tempat biasa yang kemarin buat istirahat dan makan.

IMG_4425
Ada juga yang lagi ngerjain modul

Kemudian akan dilanjutkan dengan keliling pulau. Sangat disayangkan karena track yang tidak memungkinkan membawa alat elektronik, dengan berat hati gue tinggalin kamera di tas.

Keliling pulau di bagi dua kelompok besar. Ganjil dan genap. Para asprak menghimbau kami agar menggunakan sandal gunung saja –jangan memakai boots karena berat. Masalahnya –sepatu yang gue bawa cuma boots. Akhirnya gue keliling pulau make boots.

Gue –kelompok ganjil, mulai mengitari dari sebalah selatan. Gue bareng Mike saat itu. Pertama sih cuma jalan di atas tembok pemecah ombaknya, pas di samping pulau kami mulai harus menelusuri lewat bawah alias lewat lautnya.

Gue udah enggak bisa bedain antara jalan keliling pulau sama berenang keliling pulau. Ajang keliling pulau berubah menjadi arena kolam renang karena temen-temen gue malah pada berenang.

1012973_747458768683492_7295950516935374905_n
Everything started here..

Gue jalan sendirian –karena keasyikan ngelamun atau hanyut kebawa ombak (?) wkwkwk. Yang sedih –waktu keliling itu banyak banget sampah di pinggir pulau yang kita temuin. Bahkan ada yang mengambang di antara kami.

Menyebalkan melihat sampah di mana-mana, sementara gue enggak bisa berbuat apa-apa karena jalan di air make boots membawa beban tubuh yang tidak biasa ini saja udah berat –apalagi kalo sambil bawa sampah.

Kami sampai di belakang pulau melewati hutan bakau. Disana emang banyak akar dan jelas gue gak bisa liat ke dalam buat ngecekin satu-satu dimana posisi akarnya. Makanya ya, gue sering kesandung, bahkan rok sampe nyangkut di ranting/kayu-kayu yang ngambang.

Di belakang pulau kita ketemu sama anak-anak kelompok genap. Gue menyapa Tria sekilas sebelum kembali melanjutkan perjalanan. Waktu itu rintik air hujan mulai turun. Gue mulai kelelahan dan posisi gue paling belakang saat itu.

Entahlah -terpacu oleh keinginan untuk minum atau karena rasa sakit di kaki –gue maksain diri melangkah lebih cepet. Boots akuraium di kaki gue udah gak gue pikirin. Yang penting jalan terus maju ke depan-jangan menengok ke belakang-keep moving forward.

Gue udah sampai di samping pulau, tiba-tiba guntur bergemuruh, hujan mulai deras dan permukaan air lautnya naik. Ombaknya jadi kerasa banget. Mana disana gue harus naik-turun ke atas tembok sama turun lagi ke laut. Pas naek ke atas, aaaa.. gilaaa… Pinggang gue udah gak ngerti lagi sakitnya kayak gimana. Intinya sakit banget.

Tapi ya itu –entah dapet kekuatan darimana, gue tetep jalan. Turun ke bawah lagi –melewati permukaan yang cukup tinggi, terus naek lagi. Dan kali ini rintangannya agak sulit karena jalan yang dpake nyebrang udah ketutup ma air. Gue pake boots, dan pinggang-kaki gue sakit parah.

Tapi berkat bantuan yang laen akhirnya gue sampe di seberang dan gue langsung lanjutin jalan lagi. Akhirnya, terakhir, menyisir pantai dan tiba di sisi depan pulau. Yang pertama gue lakukan adalah –minum. (-_-)

Setelah itu gue langsung duduk di atas batu deket pantai. Ngilangin rasa sakitnya butuh waktu cukup lama. Rasanya pulau ini mendadak enak banget jadi tempat galau. Gue duduk sendirian –diiringi rintik-rintik air hujan, langit kelabu dan ombak yang kencang. Wajah gue tertunduk ke bawah mengamati tiap pecahan ombak yang kembali ke laut.

Tidak lama kemudian –yang lain mulai pada melompat dari atas dermaga dan berenang. Temen-temen dari jalur satunya yang baru sampai langsung ikut berenang. Karena tidak ingin melewatkan momen, gue nekat ambil kamera dan langsung kembali ke profesi : tukang foto. (^_^)

IMG_4433
Akhirnya berenang juga.. udah dari kemaren kan pada pengen berenang? Wkwk..

IMG_4441

IMG_4453
Terjun dari dermaga

IMG_4455

IMG_4459

IMG_4458

IMG_4479

IMG_4493

IMG_4501

Setelah bermain-main di air. Kami melakukan operasi semut di sekitar pulau. setelah itu, baru pulang kembali ke Tanjung Pasir.Dalam beberapa menit kedepan, kami akan sampai, naik bus dan berangkat meninggalkan Pelabuhan Tanjung Pasir. Bogor.. kami kembali! ^_^

IMG_4568
Otw Tanjung Pasir

Notes : Selama di Pulau Rambut gue mempelajari banyak hal. Mulai dari kebersamaan dengan anak-anak di kelas, ada adegan lucu dan konyol, romantis (banyak yang inbreeding dan bakal calon inbreeding), galau, sakit, menyebalkan, sampai yang sedih karena harus meninggalkan pulau Rambut dan inget banyaknya laporan setelah ini. -_-

Oke, fine, semua sudah terlewati dan waktu terus berjalan. Terima kasih sudah membaca postingan ini. See you!

IMG_4571
Bye~ Pulau Rambut

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 14, 2014 in IPB, Jalan-Jalan, KSHE, Kuliah

 

2 responses to “KSHE 50 Goes to Pulau Rambut

  1. tria

    Desember 14, 2014 at 11:27 am

    foto fotonya kere eeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen ..apalagi gue ahahahahahaa

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: