RSS

Review : Kuliah di Semester 3

24 Jan

IMG_6586
Foto : Fieldtrip Dendrologi di Kebun Raya Bogor

Semester 3 sudah selesai~ Horee…
Selamat datang semester 4! ^_^

Sebelum gue kembali ke Kota Hujan, gue ingin share mata kuliah-mata kuliah yang gue temuin selama semester 3 di departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata. Beberapa mata kuliah akan terasa ‘mirip-mirip’ gimana gitu kayak PHH dan HHSBB, tapi sebenernya beda fokus. Cuma berhubungan aja materinya. Terus ada yang berhubungan sama minat-gue-banget yaitu satwaliar, ada matkul yang ‘katanya’ banyak menjebak anak-anak daftar ke KSHE yaitu ekowisata sendiri, basic setiap anak kehutanan yaitu dendrologi, sampe hitung-hitungan *masih aja ketemu* yaitu metode statistika.

Kita bahas mulai dari interdept dulu.

Dendrologi
Mata kuliah ini adalah ‘dasar’ banget buat mahasiswa kehutanan. Ya iyalah, lo ditanya soal pohon-pohon tapi gak tau, kan lucu. Matkul ini mengajarkan tentang pohon. Mulai dari morfologi, sifat khusus, manfaatnya, bentuk batang, daun sampe tajuknya. Mata kuliah ini asik. Banget malah. Untuk kuliahnya sendiri nanti akan di jelaskan tentang famili-famili di dunia tumbuhan, lengkap dengan penjelasan pohon-pohonnya. Kalau praktikumnya ada pembuatan herbarium, gambar sketsa daun/batang, dan jalan-jalan fieldtrip ke Kebun Raya Bogor.

IMG_1520
Praktikum dendro kelas KSHE Kamis Siang

20140911_145222
Ini daunnya.. itu modulnya = silahkan di gambar. Wkwk..

IMG_6328
Berkunjung ke Kebun Raya Bogor ^_^

IMG_6349
Take a rest under the tree..

IMG_6526
Katanya yang nyebrang di jembatan ini bakal.. *ah, itu hanya mitos* hahaha…

Pengolahan Hasil Hutan
Inti matkul ini adalah mengolah hasil hutan. Seperti yang kita tahu, hasil hutan ada yang kayu dan non kayu. Dan nantinya kedua hal tersebut akan di jelaskan di matkul PHH. Mulai dari proses pengolahan kayu yang baru di tebang, proses di sawmil sampe hasilnya berupa vaneer, fiberboard, particle board, ply wood, dan pemanfaatan non kayu nya. Walau gue sering kecolongan tidur di matkul satu ini –tapi kalau di simak, materinya menarik karena berpotensi melahirkan ide-ide untuk PKM. Haha.. *seriusan*

Hasil Hutan Sebagai Bahan Baku
Mata kuliah ini sebenarnya membahas sifat dasar dari kayu. Ada empat sifat dasar yang mempengaruhi kayu : mekanis, fisis, kimia, anatomi. Mata kuliah ini penting karena mempelajari sifat dasar kayu. Terutama bagi yang mau mengolah kayu, bisa memprediksi kualitas kayu berdasarkan empat sifat tersebut.

Ilmu Ukur Tanah dan Pemetaan Wilayah
Matkul yang mempelajari tentang bagaimana kita memetakan suatu wilayah lalu di buat peta. Jujur gue lebih paham matkul ini lewat praktikum ketimbang teori di kelas. Wkwkwk. Disini nanti lo akan belajar alat-alat pengukuran, teknik-teknik pengukuran, perhitunganya, sampe bikin peta itu tadi. Gue salut sama anak MNH, mereka tidak lelah mengolah data-data seperti ini setiap minggunya. Gue aja satu semester udah lelah. *akuh mah apah* haha… Oh ya, praktikum IUTPW ini menurut gue yang paling berkesan. Haha.. Gimana enggak? Praktikum di tengah jalan, ada mobil lewat lah, motor lewat lah, kalo turun hujan, yang di payungin alatnya, praktikannya ujan-ujanan. Pengolahan data, kalo salah input data aja bisa frustasi sendiri benerinnya. Gambar peta bisa sampe maleeem banget. Belum bikin laporannya. Pokoknya praktikum IUTPW paling ‘sesuatu’ dah. Haha..

20141001_155329
Ciee.. lagi ngolah data.. ciee.. -_-
20141112_152422
Rancangan pembuatan belokan = tapi salah hahaha…

20141213_091328
Praktikum Iutpw terakhir di Cangkurawok..

20141226_155407
Bikin peta kontur biar greget. Haha..

20141213_103622
this is it! Kelompok 2 IUTPW Rabu Siang! ^_^

Metode Statistika
Bagi gue, momok paling berat di semester 3 ya matkul satu ini. Metstat –nama akrabnya. Matkul ini punya pedoman kitab abu-abu bernama Wapole. Sebenernya, kalau di cermati dengan baik, Metstat tidaklah sesulit Landasan Matematika. Seriusan. Apalagi kalo lo jago analisis, tinggal mantepin rumus sama hitungan. Bisa bagus nilainya. Nah, berhubung gue tidur mulu pas matkul satu ini –belajar SKS dan gak bisa make kalkulator. Hasilnya.. not too bad sih. Wkwkwk… Cuma bisa lebih baik lagi kalo gue meratiin di kelas waktu itu dan mau nyicil belajar -_- (Penyesalan memang selalu berada di belakang). Oh ya, metstat di setiap departemen itu beda –soalnya tergantung dengan penggunaannya ketika di lapang nanti.

Kebijakan dan Kelembagaan Konservasi
Matkul ini cuma 2 sks. Tapi menurut gue isinya beraaat banget. Berat dipahami sih. Wkwkwk. Isinya kebanyakan tentang UU dan peraturan kelembagaan konservasi. Matkul ini sebenernya penting karena sebagai mahasiswa konservasi kita harus tau kebijakan-kebijakan dan permasalahan konservasi saat ini.

Rekreasi Alam dan Ekowisata
Konon katanya –matkul ini yang banyak menyebabkan beberapa mahasiswa ‘terjebak masuk di KSHE’. Oke, spesifiknya kata ‘ekowisata’ itu sendiri. Pada dasarnya yang kita pelajari disini adalah menganalisa potensi sumberdaya alam untuk dijadikan sarana rekreasi alam dan ekowisata. Matkulnya asik. Praktikum ke lapangnya juga asik. Tapi tugasnya yang bikin ‘lelah’. Hahaha.

IMG_7937
Fieldtrip ke Sentul Eco Edu Tourism Forest

IMG_7990
Kerenlah viewnya.. gak sia-sia jalan sejauh itu.

IMG_8239
Santalum album wakwaw.. haha..

Ekologi Satwa Liar
Sebenernya ini mata kuliah yang dulu gue baca di buku panduan mahasiswa tahun 2012 –dan akhirnya bikin gue memilih KSHE. Jadi bisa dibilang, gue suka sama matkul ini bahkan sebelum masuk KSHE. Dari namanya sudah jelas –mata kuliah ini mempelajari tentang ekologi satwa liar. Banyak praktikum, banyak laporan. Tapi seru sih. Di sesi UTS, lo akan praktikum pengamatan burung di dini hari dan pengamatan herpetofauna di malam hari, plus fieldtrip ke Ragunan. Di sesi UAS, lo akan pengamatan jenis, habitat dan pemanfaatan satwa liar pada salah satu wilayah di kampus. Plus jalan-jalan praktikum ke Pulau Rambut. Seru? Banget. Hahaha.

20141014_213352
Ini hasil pengamatan herpetofaunan – praktikum sesi UTS

IMG_9828
fieldtrip ke ragunan

IMG_9967
Makan siang bersama~

IMG_2077
Ngukur suhu lokasi pengamatan. (Oke, itu payung buat apa sebenernya?) Wkwk..

IMG_1878
Pengamatan pagi – dapet Cikrak Bambu

IMG_1333
Pycnonotus aurigaster

IMG_1260
Macaca fascicularis

IMG_1740
Pengamatan malam

IMG_1623
Duttaphrynus melanostictus

IMG_1610
Gecko gekko

IMG_2162
Hujan pun tetap pengamatan 🙂

IMG_3223
Kalo lelah, ngopi dulu #ehh hahaha..

IMG_3235
Ini dia.. kelompok paling riweuh, narsis, parnoan… -_- Kelompok 13. Hahaha..

IMG_4039
Taulah ini dimana… haha.. (yep, Pulau Rambut) – last fieldtrip

IMG_4501
Seneng-seneng setelah keliling pulau. ^_^

*********************************************

Mungkin semester 3 akan terasa berat bagi mahasiswa TPB yang baru masuk departemen. Maklum, bisa dibilang ini (lagi-lagi) merupakan masa adapatasi. Fokus lo bakal di uji habis-habisan disini. Lo baru masuk departemen udah ada MPF, belum selesai udah ada MPD, entar selesai MPD ada kepanitiaan yang lain, and so on.

Tapi terkadang kita harus keluar dari ‘zona nyaman’ untuk menemukan sesuatu yang lain. Selama kau tidak berani menghadapinya, kau tidak akan menemukan apa pun di baliknya. Kesibukan akan selalu ada bagi mahasiswa, tapi yang terpenting adalah bagaimana kau mengatur porsi untuk itu semua.

Oke, sekian postingan dari gue. Semua pendapat tentang matkul di atas adalah ‘apa yang gue rasakan’, jadi kalau ada yang merasa berbeda, harap maklum. Haha… Terima kasih. Selamat menempuh semester genap~

*Oh ya, beberapa matkul emang gak ada fotonya karena gak ada praktikumnya. Haha.. masa gue mau foto-foto di kelas pas dosen lagi jelasin kuliah.*

Iklan
 
6 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 24, 2015 in IPB, Jalan-Jalan, KSHE, Kuliah

 

6 responses to “Review : Kuliah di Semester 3

  1. alaik

    Januari 25, 2015 at 7:42 am

    aaahhh makin deg deg ser pengen masuk KSHE. . . .
    sama ka, pas kelas 3 liat brosur kshe yang ada daftar matkulnya, yang bikin deg deg ser itu ekologi satwaliar, perilaku satwaliar, konservasi eksitu satwaliar, penangkaran satwaliar, dll pokoknya hahaha
    semangat semester genapnya ka hehehe

     
    • Eternity Stories

      Februari 1, 2015 at 12:33 am

      Haha, iya.. sama-sama semangat buat sbmptnnya.. haha..
      Asik kok.. gak ada yg gak asik di fahutan mah.. hoho..

       
  2. AtmoNitha28

    Maret 5, 2015 at 1:06 pm

    haloo kak… minta pin donk kak? hihih

     
  3. AMANDA ZAHROH

    Mei 27, 2015 at 7:02 am

    kakak di ipb ngambil jurusan apa? Kalo pangan sama pakan apa bedanya kak? hmm jadi kalo mau belajar buat utm bahas soal saintek sbmptn aja ya? tahun ini jurusan yg peluangnya lumayan besar apa yah kak? mohon info nya kakak^^

     
    • Eternity Stories

      Juni 10, 2015 at 11:07 am

      Kakak jurusan KSHE..
      Pangan = untuk manusia
      Pakan = untuk ternak/satwa
      Itu perbedaannya secara singkat. Hehe..
      Iya, kalo kakak sih belajar dari soal-soal SBMPTN/ujian2 mandiri gitu..
      Kalau peluang, sesuai kyk yg di sbmptn biasanya..tiap tahun berubah2 juga soalnya hehe

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: