RSS

11 Jun

1432481407775
Kelompok 1 Praktikum Lapang Ekologi Hutan #Cibodas #KSHE # SVK #50

Semester empat sudah hampir berakhir dan lagi-lagi gue telat banget bikin postingan baru di blog. By the way, gue mau ucapin selamet dulu buat adik-adik di SMAN 1 Tumijajar yang udah keterima masuk universitas lewat jalur undangan –terutama yang masuk di IPB –selamat datang di Institut Perbankan Pertanian Bogor ^_^. Semoga kalian betah dengan iklimnya. Hoho..

Kemaren gue baru selesai praktikum lapang mata kuliah Ekologi Hutan di Cibodas. Tepatnya tanggal 23 dan 24 Juni 2015 di Gunung Gede Pangrango.

Jadi, yang melaksanakan praktikum ini adalah semua mahasiswa Fahutan di semester 4. Praktikum dilaksanakan satu hari, dari pagi dan pulang sore. Pembagian harinya, jadi yang praktikum hari Sabtu adalah departemen MNH dan THH, sementara hari Minggu baru KSHE dan SVK.

Kelompok dari departemen KSHE dan SVK dimix menjadi satu. Dan gue tergabung di dalam kelompok 1.

1430885995490
Pembagian kelompok

Hari Minggu pukul 04.00, seharusnya kami semua sudah berkumpul di depan ATM Center. Tapi (lagi-lagi) gue bangun kesiangan. Pukul 04.48 gue baru bangun dan gue belum packing sama sekali. Sepatu boots belum minjem, kaos kaki habis, kesannya gue kayak lupa kalo hari itu ada praktikum. -_-

Jam 05.10, gue baru berangkat dari kost. Diperjalanan dari Balebak ke kampus, gue ketemu Mike (KSHE 50) dan Liza (SVK 50). Untungnya, Liza bawa sepatu boots, dan dia minjemin bootsnya ke gue sementara dia mau memakai sepatu gunung. (Thanks Liza~ ^_^)

Sampai di ATM Center, disana udah rameee banget. Setiap kelompok udah membentuk barisan, dan gue langsung bergegas menuju barusan kelompok 1 di ujung.

Kelompok gue nyaris lengkap, kecuali Feby (KSHE 50) dan Ines (KSHE 50) yang belum hadir. Temen-temen yang lain terlihat sibuk berusaha menghubungi mereka berdua. Ternyata bukan cuma mereka berdua, tapi ada beberapa anak dari kelompok lain yang belum hadir di tempat.

Sambil menunggu mereka hadir, akhirnya jatah makan pagi dan makan siang di bagikan terlebih dahulu. Setelah itu, kami berbaris lagi, dan dibagi bis berdasarkan kelompok. Kelompok 1, 2, dan 3 di bis 1.

Gue pun duduk bareng Liza di bis. Sampai detik terakhir sebelum keberangkatan, akhirnya Feby dan Ines muncul. Setelah bis 1 lengkap, kami akhirnya berangkat menuju Cibodas. Perjalanan menuju Cibodas diiringi oleh musik mellow jadul jaman SD-SMA yang bikin terkantuk-kantuk dan akhirnya semi tertidur selama perjalanan.

Ketika sampai di daerah Puncak, gue terbangun karena merasakan sengatan matahari (mahluk malam kayak gue memang peka dengan perubahan intensitas cahaya -_-). Disanalah ketika gue melihat kanan-kiri jalan dipenuhi oleh villa-villa mewah dan restoran menggunakan tulisan Arab.

Tapi yang paling menarik perhatian gue adalah ‘view’nya. Ketika bis mulai menanjak, di sisi sebalah kiri bis terlihat pemandangan dari atas gunung yang luar biasa. Hamparan perkebenunan teh yang hijau, pohon-pohon yang tinggi besar dan rindang, rasanya ketika berada di tengah sana, kau dapat merasakan hembusan angin yang menyejukkan.

Gue memang jarang jalan-jalan keluar kampus, bahkan untuk ukuran Gunung Gede Pangrango yang lokasinya tidak terlalu jauh dari kampus, gue belom pernah kesana sebelumnya, makanya melihat pemandangan seperti ini –bagi gue merupakan suatu momen yang baru.

Setelah menikmati pemandangan yang memanjakkan mata, tidak lama kemudian, kami sampai di Gunung Gede Pangrango. Setelah turun dari dari bis kami langsung menuju balai untuk berkumpul dengan kelompok lain.

1433979962590
Otw balai

1433979957321
Baru nyampe di balai~

1433979979169
Kelompok lain yang udah tiba duluan di balai

Sebelum berangkat praktikum, kami diberi waktu untuk sarapan dan briefing pembagian tugas di lapang agar kerja kami lebih cepat dan efisien.

1433979983743
Sarapan dulu…

1433979965955
Briefing pembagian jobdesk dan teknis pengambilan data di lapang.. :3

Kemudian kami dibariskan di depan balai sesuai kelompok dan di bagi tempat pelaksanaan praktikum dengan undian. Kelompok 8 yang berangkat duluan mendapat jalur tertinggi yaitu di HM12. Sementara kelompok gue yang berangkat kedua menjadapat jalur di HM11.

1433979960842
Undian pembagian lokasi praktikum…

Ternyata HM11 itu lumayan tinggi yak. -_- yang orangnya jarang olahraga dan berlebih massa kayak gue, nyampe HM5 aja rasanya udah minta digelindingin ke bawah (HM11 aja gue udah ngos-ngosan gini, apalagi besok ekspedisi di bulan puasa) gyaaa.. gyaaa! >_< (gue panik).

Untung asprak kelompok gue sabar banget nungguin gue selama proses pendakian anak tangga. Akhirnya, setelah sempat tertinggal beberapa anak tangga dan beberapa belokan, gue berhasil sampai di HM11.

Kita istirahat sebentar sekitar 15 menitan untuk briefing ulang. Saat itu cuaca tidak terlalu panas, dan karena sisi kanan-kiri kita dikelilingi hutan makanya terasa sejuk. Sementara perwakilan anak SVK di kelompok gue melakukan pengecekan jobdesk per anggota kelompok, gue sibuk ngeliatin orang-orang yang melewati HM11.

1433979992102
Nyampe HM11

Ternyata yang mendaki gunung Gede Pangrango bukan hanya orang-orang pecinta alam/pelajar, tetapi keluarga besar (bapak/ibu/anak-anak), orang asing, sampe mbak-mbak berok mini 15 cm di atas lutut (deskripsi lu gak penting banget, Nin..) -_-. Intinya, saat ini trekking di gunung tidak hanya dilakukan oleh para pecinta alam atau orang-orang kehutanan, namun orang-orang yang memiliki hobi atau sekedar ingin rekreasi juga melakukannya.

Waktu istirahat habis. Kami pun masuk ke dalam hutan. Di bagian yang sudah ditentukan oleh asprak, kami tetapkan menjadi plot pertama.

1433979986050
Plot 1

Jadi begini, luas satu plot itu 20×20 meter. Ada pun data yang harus kita ambil, tumbuhan bawah, semai, semak, herba, palem, pandan pancang, liana, epifit, tiang, pohon meliputi nama lokal, nama ilmiah, jumlah, diameter dan tinggi (hanya tiang dan pohon). Pengumpulan data tersebut menggunakan analisis vegetasi dan petak contoh yang digunakan merupakan kombinasi antara jalur dan garis berpetak.

Kita minimal harus membuat sepuluh plot. =_=

Oke, praktikum di kampus aja kita ngebuat tiga plot butuh 3 jam dan itu ngepas banget.. sementara ini kurang lebih 3 jam kita harus bikin sepuluh plot. (Biasanya di keadaan terjepit gini, muncullah kemampuan terpendam manusia). The power of kepepet : actived!

Setelah plot pertama di tentukan, Kukuh (KSHE 50) langsung ngebuat petak 2×2, setelah selesai, lanjut membuat petak 5×5 dan 10×10. Sementara gue langung menganalisis vegetasi tumbuhan bawah, semak, dan herba di petak 2×2, pancang, palem dan pandan di petak 5×5. Febi dan Ines mengukur dan mencatat tiang di petak 10×10 dilanjutkan dengan pohon di petak 20×20 dan gue menghitung jumlah epifit dan liana.

Selama proses analaisis vegetasi, tumbuhan bawah, semak, semai, mau pun pancang, palem dan pandan yang gue temukan sangat berbeda jauh dibandingkan dengan di kampus. Sebagian besar yang gue temukan –belum pernah gue temukan di kampus. Makanya gue bolak-balik bertanya ke interpreter yang mendampingi kelompok 1 mengenai jenis yang gue temukan. -_-

Anggota kelompok lain mulai berjalan meninggalkan plot 1. Wahyu (KSHE 50) dan Aji (KSHE 50) yang bertugas sebagai perintis jalur sudah membuka plot 2, dan anggota kelompok lain meninggalkan kami berempat.

Ketika kami berempat sedang melakukan analisis vegetasi, tiba-tiba tajuk pepohonan di atas kami bergoyang-goyang, terdengar suara gemerisik dan sesosok hitam bergelantungan dengan lincah di antara dahan-dahan pohon.

Ternyata seekor lutung (Trachypithecus auratus auratus). Real lutung. Oke, ini pertama kalinya gue liat lutung di alam secara langsung (sebelumnya gue liat di Ragunan). Keren. Sayang gue gak bawa SLR, jadi gak sempat mengabadikan momen tersebut. Berikut foto yang gue ambil dari google :

Lutung-Budeng-Tracypithecus-auratus

Sumber : http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://beritadaerah.co.id/wp-content/uploads/2014/10/Polpulasi-Owa-Jawa-291014-Adm-2.jpg&imgrefurl=http://beritadaerah.co.id/2014/10/31/owa-jawa-di-taman-nasional/&h=2000&w=3000&tbnid=vHTR53fry4zQ9M:&zoom=1&docid=XTEgYKjUrcF5RM&ei=ufN4VfviOMT48QWbu4KwDw&tbm=isch&ved=0CFkQMygfMB9qFQoTCLuj36fNhsYCFUR8vAodm50A9g

Setelah terpesona sekitar 5 menit, kami pun kembali bekerja. Plot kita masih tersisa banyak, kawan.. -_- (SEMANGAT KELOMPOK 1!!!)