RSS

Journey In Kyoto : 2# Cherry Blossom

07 Apr

IMG_0143

28 Maret 2016

Aku terbangun ketika jam sudah menunjukkan pukul 07.00. Aku kaget –butuh waktu beberapa menit sebelum aku ingat kalau aku tidak berada di kamar kost -_- yang biasanya. Kamar terasa agak dingin, aku bangkit setengah sadar dan melihat dari jendela. Di belakang apartemen kak Dewi ada sebuah danau dan aku dapat melihat jalanan yang kulalui semalam. Dihalaman belakang terdapat satu pohon sakura yang belum mekar.

IMG_0112
View dari apartemen

Seperti mimpi. Aku berada di tempat seperti ini, rasanya seperti mimpi. Pemandangan yang biasanya hanya bisa kulihat dari film dan dorama, kali ini ada di depan mataku langsung.

Yosh! Berhubung konferensiku dimulai besok, hari ini aku tidak ada agenda sama sekali, jadiii.. hari ini aku bisa jalan-jalan! ^_^

Aku pun bergegas mandi. Setelah itu aku menyusun rute perjalanan dibantu kak Azza dan kak Dewi. Mulai dari membaca jadwal kereta, mencari gate di stasiun, platform, dan lain-lain. Namun masalah terjadi. Hpku lowbet permirsaaah~ lowbat parah sementara peta dan lain-lain ada di screenshoot hp. Akhirnya aku dipinjami mb Azza powerbank yang ternyata ketinggalan di labnya.

Jadilah destinasi pertamaku adalah Ritsumeikan University –universitas tempat kak Azza dan kak Dewi S2 –karena mau mengambil powerbank dulu. Karena aku belum bisa beradaptasi dengan suhu disana, akhirnya aku dibekali sweater dan sarung tangan kak Dewi. Baju pun kulapis-lapis agar tidak kedinginan seperti kemarin malam. Aku juga dipinjami kak Dewi ICOCA Cardnya agar mempermudah transaksi naik kereta (aku gak perlu repot beli tiket, cukup isi ulang ICOCA Cardnya).

Setengah 10, kami berangkat ke Ritsumeikan University. Begitu keluar, aku udah kedinginan lagi.. (>_<). Padahal langitnya ceraaah banget. Tapi anginnya dingiin. Karena kak Azza dan kak Dewi naik sepeda dan universitasnya jauh, akhirnya aku naik bis.

IMG_0114
Morning activity

O.O Piye cara naik bisnya mbaaaaak~

Belum sempat dijelasin, bis udah dateng, jadi aku buru-buru naik. Aku menghempaskan diri di salah satu tempat duduk. Sambil menikmati pemandangan di jalanan aku berusaha mengingat-ngingat pemberhentianku.

IMG_0238
Mumpung sepi..

“Pokoknya turun di halte Ritsumeikan Daigaku..” itu doang yang aku inget. Dan biayanya 230 yen. Aku udah dibekali uang receh oleh kak Azza. Terus.. cara bayarnya gimana? O.O

Halte demi halte dilalui daaan.. ketika bis melewati gerbang yang banyak dilalui orang-orang, aku yakin ini universitasnya. Dan benaar~

Aku turun di haltenya.

IMG_0120
Pemberhentian di Ritsumeikan University

Jadi, aku menemukan lagi perbedaan bis di Indonesia dan Jepang. Di Indonesia, kau dapat naik dari pintu mana aja dan keluar dari pintu terdekat dari tempat duduk. Kalau di Jepang, naik dari pintu belakang dan keluar dari pintu depan. Bayarnya pas waktu mau turun. Pembayarannya bisa pakai tiket mau pun koin. Kalau koin ada tempatnya sendiri, tinggal dimasukin aja uangnya, terus turun deh.

Tidak lama kemudian, kak Azza dan kak Dewi muncul. Kami pun lanjut menuju lab kak Azza.

IMG_0121
Denah kampus

IMG_0153
Bermacam jenis tempat sampah.

IMG_0127
Lapangan olahraganya

IMG_0146
Di sekeliling lapangan olahraga banyak pohon sakura yang belum mekar. White cherry blossom.

FYI. Ritsumeikan University ini memiliki beberapa kampus yang tersebar di Kyoto, Kusatsu dan Beppu. Salah satu universitas swasta termahal di Jepang –jadi jelas, sangat butuh beasiswa untuk bisa studi disini.

ritsumeikan daigaku
Ritsumeikan University

IMG_0154
With kak Azza and kak Dewi

IMG_0184
Cool!

Setelah dipinjami powerbank dan mengecek alur ‘perjalanan’ hari ini, aku pun siap menjelajah Kyoto –sendirian. O.O Jeng jeng…

IMG_0176
Susu rasa sakura – dibeliin kak Azza.
Kimochi~ eh, oishii~” XD

Sebelum berangkat ke Minami-Kusatsu Station, aku sempat melihat di depan gerbang ada pohon sakura yang udah mekar banget. Jadilah aku kesana untuk ambil beberapa foto.

IMG_0203
Big cherry blossom tree

IMG_0210
From different angle

IMG_0226
Pesan singkat buat member Divansa yang lagi pada bikin rencana skripsian 🙂

sakura instagram
I love their color 😀

Sakura ternyata bagus ya… aku baru sadar kenapa orang-orang begitu tertarik dengan sakura, it’s not only caused they are beautiful, but also unique. Pohon yang berbunga tanpa daun, berwarna putih – merah muda, begitu kontras dengan warna langit yang biru. Umurnya pendek –setelah gugur, hanya akan tumbuh daun hijau biasa –mereka akan terlihat seperti pohon pada umumnya sampai musim semi berikutnya. Aku sangat bersyukur bisa ke Jepang ketika mereka sedang bermekaran.

IMG_0218
Amaziiing ^_^

Masalahnya sekarang, gimana caranya aku bisa foto sama sakura? O.O

Ditengah kebingungan karena gak bisa dan gak biasa selfie pake SLR, aku bertemu dengan seseorang-berkerudung-terlihat seperti orang Indonesia. Aku coba nyapa aja. Ternyata benar – mahasiswa Indonesia yang sedang S2 di Ritsumeikan University – dan satu rumah dengan kak Azza di sini.

IMG_0237
Hiraukan mahluk yang berada di bawah pohonnya LOL

Ternyata di Jepang –kita tidak sepenuhnya ‘sendiri’. :’)

Setelah pertemuan singkat tersebut, aku pun menuju halte, menunggu beberapa menit sampai bis datang. Kali ini aku menunggu dengan tenang karena pemberhentian terakhir adalah Minami-Kusatsu Station.

Next destination.. Kyoto Station

IMG_0214Closing statement

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada April 7, 2016 in International, Jalan-Jalan, Jepang

 

2 responses to “Journey In Kyoto : 2# Cherry Blossom

  1. Helen Cynthia

    April 8, 2016 at 12:04 pm

    mbak ditunggu cerita-cerita selanjutnya. ^_^

     
    • Rin Lawliet

      April 9, 2016 at 8:37 am

      Oke..:)
      Abis UTS di update kok lanjutannya..

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: