RSS

Journey In Kyoto : 5# Presentation

22 Apr

Masih dalam hari yang sama dengan kunjungan ke Fushimi Inari. Setelah turun dari bukit Inari, aku langsung berlari menuju Inari Station yang letaknya tepat di depan gerbang masuk Fushimi Inari. Namun sampai di stasiun, tidak dapat terelakkan panjangnya antrian orang-orang yang akan naik kereta menuju Kyoto Station. Aku hanya bisa menghela nafas, pasrah. Semoga saja tidak telat presentasi. Sesekali aku melirik jam di hp sambil melihat time table pemberhentian kereta selanjutnya menuju Kyoto Station.

Dari Kyoto Station aku langsung menyambung naik kereta menuju Tambaguchi Station. Setelah turun di Tambaguchi Station, aku langsung membuka screenshoot map dari Tambaguchi Station menuju Kyoto Research Park. Keluar dari stasiun, ada jalan besar, lalu belok kiri, jalan lurus sampai bertemu belokan pertama, belok kiri dan disana sudah masuk wilayah Kyoto Research Park. Kyoto Research memiliki 4 gedung utama. Dimana pada setiap sisi gedung memiliki angka yang menunjukkan itu Gedung #1, Gedung #2 dan seterusnya.

Aku presentasi disini.

Aku masuk ke dalam gedungnya dan langsung disambut penjaga meja resepsionis yang ramah. Dia mengantarkanku sampai lift dan mengarahkan lantai tempat konferensi di adakan. Pintu lift terbuka dan kondisi hall lumayan ramai. Sebagian besar peserta pasti sudah masuk ke ruang presentasi masing-masing. Aku pun langsung menuju meja registrasi dan menerima goody bag berisi kupon makan siang, kuisioner, guide tour book, prosiding, flashdisk, dan lain-lain (gak sempet ngecek semua).

Ini ruang presentasiku.

Aku masuk ke dalam ruang dan di dalam sudah ada sekitar 15 orang. Di antara mereka ada dua orang yang mengenakan kerudung dan berseragam batik. Begitu aku datang dan duduk di belakang, keduanya menyapaku dengan ramah. Yap, mereka dari Indonesia. Sebelumnya juga aku tahu kalo di sesiku ada orang Indonesia selain diriku, jadi agak lega bisa mengobrol dalam bahasa Indonesia sejenak. Hehe..

Ternyata sesi presentasi kami baru dimulai. Mendengar ceritaku habis jalan-jalan ke Fushimi Inari, mereka pun tertarik untuk mengunjungi tempat itu juga. Jadi sambil menunggu presentasi dimulai kami berbagi kisah selama perjalanan di Kyoto.

Presentasi dimulai~

Satu demi satu presentator di panggil dan mempresentasikan penelitiannya. Gue mulai deg degan. >_< Emang bukan pertama kali sih presentasi pake bahasa Inggris, tapi masalahnya yang aku mau bawain itu penelitian.Bukan masalahnya di bahasa Inggrisnya, tapi bisa gak aku jawab kalo ditanya terkait penelitiannya.

“Please welcome, Ms Nindya Maharani..

Deg! Nama guee.. nama gue di panggil!! (panik maksimal).

Aku maju kedepan, membuka file presentasiku. Hufh… bismillah. Aku ngucapin salam, sedikit pengantar mengenai penelitian, lanjut memaparkan latar belakang, metode, hasil berupa grafik, dibahas dan kesimpulan. ._.
Ternyata rasanya gak jauh berbeda sama kayak presentasi di depan kelas. Beda di bahasa sama audience doang. Oh ya, durasi presentasi cuma 10-12 menit. Sisanya 3-5 menit untuk tanya jawab.

Ketika moderator membuka sesi tanya-jawab. Ada dua orang yang bertanya. Keduanya menanyakan hal yang diluar data penelitian, tapi Alhamdulillah aku ngerti maksud pertanyaan mereka dan bisa ngejawab juga. 🙂
Sesi tanya jawab selesai, aku pun kembali bergabung bersama audience lain. Presentasi dilanjutkan dengan 2 presentator terakhir.

Begitu sesi presentasi berakhir, langsung ke penyerahan piagam dan foto bersama. Disitu pula aku berpisah dengan peserta konference lainnya, baik yang dari Indonesia, Thailand, China, UK, Hong Kong, dll.

Last photo at Kyoto Research Park.

Begitu aku keluar dari gedung, langit sudah hampir gelap. Jalanan ramai oleh kendaraan yang sudah menghidupkan lampu kendaraannya. Aku menusuri jalan kembali ke Tambaguchi Station. Karena haus, aku sempatkan untuk membeli sebotol teh di vending machine yang rasanya pait amit-amit -_- Apa semua teh di Jepang gak pake gula??? Serius, kangen sama air putih.

Menjelang malam hari.

Rencana awal aku mau langsung pulang, tapi tiba-tiba aku ingin mengunjungi satu tempat lagi. Berhubung aku udah laper juga. Nishiki Food Market. Tempat itu langsung terlintas di kepala. Yosh~ sudah diputuskan! Dengan semangat 45′ aku langsung menuju Tambaguchi Station lalu naik kereta kembali ke Kyoto Station. Sesampai di Kyoto Station, aku mencari-cari Karasuma subway Line yang ternyata terletak di lantai paling bawah Kyoto Station. Aku datang tepat dengan datangnya kereta. Aku masuk ke dalam dan berdiri di antara himpitan karyawan-karyawan yang baru pulang kerja. Entah mengapa di sana pekerja kantoran mengenakan pakaian hitam-hitam dan membawa tas jinjing hitam tipis. Kereta pun berjalan meninggalkan Kyoto Station. Huwa~ naik subway. >_<

Aku turun di Shijo Station. Mengikuti arus orang-orang yang turun dari kereta, aku berhasil keluar dari stasiun bawah tanah itu. Entah berapa kali aku naik tangga tadi. -_- Sambil mengatur nafas aku membuka peta lagi, berusaha mencari jalan Teramachi/Takakura. Aku benar-benar tidak tahu dimana letak pastinya Nishiki Food Market itu!

Petualangan mencari Nishiki Food Market

Di jalanan ini banyak toko-toko, kafe, dan hotel. Aku sempat masuk ke beberapa toko, tertarik dengan souvenir atau alat tulis yang lucu dan langsung meletakkan barang itu kembali setelah melihat harganya. -_- Mahaaaaal euy~ Mahal buat mahasiswa perantauan macam saiia. Aku jalan kembali, nyaris putus asa mencari jalan Teramachi, sampai akhirnya aku nekat bertanya ke bapak-bapak yang sedang berdiri didepan zebra cross. Aku bertanya ke bapak itu dan dengan ramah ia menunjukkan gang di seberang jalan yang jaraknya kurang lebih 20 meter dari tempat aku berdiri.

Teramachi..” kata bapak itu sekali lagi sambil menunjuk gang itu. Aku mengangguk paham dan setelah mengucapkan terima kasih, aku ikut menyebrang ke sana. Aku berjalan sedikit, masuk ke gang yang sebenarnya jalan raya kecil. Jalanan agak gelap, tapi banyak pejalan kaki disana. Dan akhiiirnyaa… setelah berjalan cukup jauh aku menemukannya~ Nishiki Food Market. (Perhatian! Karena penulis sibuk ‘berbaur’ disana, ia tak sempat mengambil foto). Tapi sebenernya pas aku sampe disana, sudah banyak toko yang tutup. Jadi tidak sempat melihat semua sajian unik disana.

Aku pun berjalan terus dan sampailah di tempat yang mereka sebut Teramachi street.

Teramachi. Salah satu pusat perbelanjaan.

Sebenernya Nishiki Food Market sendiri terletak di antara Teramachi dan Takakura Street. Kalau di Teramachi sendiri, sepanjang jalan berisi toko-toko baju, aksesoris, souvenir, kafe, dan restoran. Harganya? Mahal ajigilee.. Sepatu 10.000 yen, kimono 12.000 yen (belom termasuk obi dkk nya), dan semuanya bagus-bagus -tapi mahal. Mahal bagiku sih.

Ini kondisi disana. Tempat yang pas kalau mau berburu barang-barang dan pakaian.

Ini juga ada di sana. Kayaknya didalem situ kuil deh.

Puas berkeliling di Teramachi dan berburu barang buat oleh-oleh dan titipan, aku kembali menuju Shijo Station.

Sejam yang lalu tempat ini masih cukup ramai dengan bau-bau harum jajanan yang dijual sepanjang jalan. Nishiki Food Market ketika sudah tutup. Jalannya bener-bener sepi dan hanya ada orang-orang yang lewat.

Begitu sampai di jalan besar tadi, aku mencari restoran untuk makan malam dan pilihanku jatuh pada restoran Gyudon. Selain tergiur dengan harga diskonnya, disana juga ada gyudon kare dan telor. Tapi pas udah masuk, dan pesen, ternyata gyudon kare-telornya habis dan bonus yang tersisa tinggal gyudon kare-babi. O.O

Akhirnya dengan merogoh harga yang sedikit lebih mahal, aku pesen Gyudon beef-telor.

Itadakimasu~

Selesai makan, aku ke Shijo Station, naik kereta ke Kyoto Station dan kembali ke Minami Kusatsu Station. Hari yang melelahkan. Paling lelah di antar yang lain. Tapi seru. Hehe..
Btw, sepulang dari Fushimi Inari aku bawa ‘oleh-oleh’ lain. Kakiku lecet-lecet dan betisku sakit luar biasaa karena jarang olahraga tapi tadi tiba-tiba naik bukit setengah lari. -_-
Wkwk.. gpplah. Setiap perjalanan itu ada resikonya.

Yosh~ bersiap untuk perjalan di esok hari~ Arashiyama!